Presiden Maluku FC Jumpa Anies Baswedan, Gagas ‘Soccer for Peace’ Jadikan Sepak Bola Instrumen Kohesi Sosial -->
Cari Berita

Presiden Maluku FC Jumpa Anies Baswedan, Gagas ‘Soccer for Peace’ Jadikan Sepak Bola Instrumen Kohesi Sosial

Wednesday, January 5, 2022



Jakarta,- Presiden Maluku FC, Ikhsan Tualeka, bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Pak Anies Baswedan di Pancoran Soccer Field sambil menyaksikan latihan Batavia FC, salah satu klub Jakarta yang juga lolos ke Liga 3 Nasional.


Lewat pembicaraan singkat, diagendakan satu pertandingan sepak bola persahabatan antara Maluku FC, Klub Bola Maluku yang saat ini masuk ke Liga 3 Nasional, melawan salah satu klub dari Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS), stadion megah kebanggan Jakarta yang baru selesai dibangun tahun ini.


“Laga persahabatan itu direncanakan digelar tanggal 19 Januari 2022, bertepatan dengan peringatan 23 tahun Konflik Maluku. Satu fase kelam dan tragedi kemanusiaan terbesar dalam sejarah hubungan antar etnik dan umat beragama di tanah air,” jelas Ikhsan.






Seperti kita ketahui, Maluku yang penduduknya dikenal toleran terhadap agama dan relasi kemanusiaan, di samping keindahan alam dan lautnya, tiba-tiba berubah menjadi sangat getir dengan ribuan korban jiwa kala itu. Namun Maluku juga bisa dengan cepat menyelesaikan konflik dan merajut damai.


“Adapun laga persahabatan sepak bola ini akan menjadi bentuk peringatan dengan cara yang berbeda dari biasanya. Selain sebagai bahan renungan, sekaligus menunjukan kalau orang Maluku tidak saja telah ‘move on’ tapi bahkan sudah ‘come on’ atau bergerak maju”, ungkap Ikhsan.


Ia menyebut kalau ada gagasan menarik, sebelum pertandingan, semua yang berada di stadion akan nyanyikan lagu Pela-Gandong secara serentak dan dicatatkan sebagai rekor MURI. 


“Maluku FC juga akan mengeluarkan jersey khusus warna hitam sebagai bentuk bela sungkawa kepada seluruh korban akibat konflik Maluku, seperti yang dilakukan kerajaan Inggris dalam memperingati berakhirnya perang dunia ke-2 setiap tahunnya”, sebutnya.


Direncanakan pula, sebelum pertandingan atau babak utama berlangsung, ada pertandingan eksebisi antara elemen tokoh masyarakat dari kedua Provinsi, termasuk Gubernur DKI dan Gubernur Maluku, serta satu pertandingan lainnya antara eks pesepakbola, baik itu yang profesional maupun amatir dari kedua daerah. 


Kegiatan yang diberi tema: “Football for Peace”, diharapkan dapat berdampak positif, terutama dalam membangun citra baru orang Maluku, khususnya di Jakarta, juga sebagai instrumen makin memperkuat kohesi sosia dan wadah bagi lahirnya ikon-ikon baru Maluku terutama di bidang olahraga sepak bola.


Sementara itu, Gubernur Anies Baswedan menyambut baik Friendly Match antar klub dari Maluku dan Jakarta, yang akan dilangsungkan di Jakarta itu. Ini rencana bagus, apalagi tujuannya mulia, selain untuk olahraga, juga sebagai instrumen penting dalam meningkatkan persatuan, terutama di kalangan warga Jakarta yang memang multikultural. (red)


Editor: Gus Din