Pemerintah Berlakukan Vaksinasi Tahap III Mulai 12 Januari 2021 -->
Cari Berita

Pemerintah Berlakukan Vaksinasi Tahap III Mulai 12 Januari 2021

Thursday, January 13, 2022



Jakarta - Presiden Joko Widodo memutuskan vaksinasi ketiga atau vaksinasi booster mulai dilakukan hari ini, 12 Januari 2022. Dengan harapan, bisa lebih optimal melindungi masyarakat Indonesia dari bahaya pandemi Covid-19 dan varian turunannya.


“Mulai 12 Januari 2022, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan,” tegas Presiden Jokowi, Selasa (11/1/2022).






“Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi. Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh rakyat Indonesia,” tambah Jokowi.


Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menambahkan keselamatan rakyat Indonesia adalah yang utama.


“Adapun syarat yang diperlukan untuk vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua enam bulan sebelumnya,” ujarnya.  Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi booster akan diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai dengan rekomendasi WHO.


“Dan akan diberikan ke Kabupaten/Kota yang sudah memenuhi kriteria 70% suntik pertama dan 60% untuk suntik kedua,” ucap Menkes Budi Gunadi Sadikin.


“Jadi sampai sekarang ada 244 Kabupaten Kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut,” tambahnya. (red)


Editor: Gus Din