KPPG Sebut Kades Gadu Barat Punya Andil Besar Terhadap Pengerusakan Lingkungan Akibat Galian C Ilegal -->
Cari Berita

KPPG Sebut Kades Gadu Barat Punya Andil Besar Terhadap Pengerusakan Lingkungan Akibat Galian C Ilegal

Mohammad Fairus
Monday, January 3, 2022


 Jatim Aktual, Ganding - Gelombang penolakan galian c ilegal di desa Gadu Barat, terus mendapatkan respon dari masyarakat. Kali ini Koalisi Pemuda Penyelamat Gadu Barat (KPPG) melakukan aksi demo ke Sekretariat Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding. (3/1)


Kedatangan koalisi para pemuda tersebut ingin meminta pertanggungjawaban  kades Gadu Barat, H. Sa'di yang sangat berandil dalam pengerusakan lingkungan yang disebabkan oleh galian c tersebut.


"Kades adalah orang yang melakukan inisiasi untuk mempertemukan pihak penambang dan pemilik lahan dan yang berikan idzin penambangan," ucap Dedi saat melakukan orasi


Masih menurut Dedi, ia juga menagih janji kades dan penambang yang akan memperbaiki jalan pada tanggal 18/12/21 kemaren yang sampai hari ini belum terjadi.


"Kades dan penambang  juga berjanji akan memperbaiki jalanan yang rusak pada tanggal 18/12/21, tapi nyatanya tidak ada," lanjutnya dengan nada lantang.


Dalam orasi tersebut KPPG juga meminta untuk menutup galian c tersebut serta tidak ada lagi penambangan-penambangan serupa di desa Gadu barat.


"Kami ingin galian c tersebut ditutup, dan jangan ada lagi galian-galian serupa di Gadu Barat di masa mendatang," tutupnya


Sementara itu Kepala Desa Gadu Barat, Sa’di, saat menemui peserta aksi meminta FPPG agar mengawal penutupan dan perbaikan jalan yang diakibatkan oleh galian C ilegal itu.


“Mohon untuk didampingi, mulai hari ini sampai selesai atau perbaikan ini sampai selesai. Jadi saya mohon dengan hormat kepada adik-adik, dibantu atau didampingi ya,” jawab Sa’di di tengah demo berlangsung.