Tim Indonesia Menang Perpanjangan Waktu Lawan Singapura 4-2 (2-2) -->
Cari Berita

Tim Indonesia Menang Perpanjangan Waktu Lawan Singapura 4-2 (2-2)

Saturday, December 25, 2021


SINGAPURA - Pertandingan berlangsung terbuka sejak menit pertama. Timnas Indonesia langsung mendapatkan peluang dari Ricky Kambuaya pada menit ke-5.

Sayangnya tendangannya mampu diblok bek lawan, sehingga menghasilkan tendangan pojok.

Anak asuh Shin Tae-yong terus menekan Singapura. Hasilnya pada menit ke-11 Ezra Walian mampu mencetak gol.

Proses gol tersebut terhitung apik berawal dari intersep Dewangga yang meneruskan bola ke Witan Sulaeman. Pemain Lechia Gdansk itu mengelebuhi bek lawan dan mengirimkan bola ke Ezra sebelum mencetak gol.

Setelah mencetak gol, Timnas Indonesia tak mengendurkan serangan. Di sisi lain Singapura juga memberikan perlawanan.

Menariknya jelang berakhirnya babak pertama, tensi pertandingan memanas karena muncul kartu merah dari saku wasit.







Pemain Singapura Safuwan Baharudin diusir oleh wasit jelang babak pertama usai. Sebab, dia terlibat insiden bentrokan dengan Rizky Ridho.

Safuwan mendapatkan kartu kuning kedua dan Singapura melakukan protes keras kepada wasit.

Akan tetapi setelah itu, Singapura berhasil menyamakan kedudukan. The Lions mampu mencetak gol lewat Song Ul-young yang memanfaatkan kemelut di depan gawang tim Garuda.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia yang unggul pemain langsung menekan Singapura. Sempat terjadi peluang, tapi umpan Witan masih melebar dan tak bisa dijangkau oleh Ezra Walian.

Pada menit ke-54 Shin Tae-yong kemudian mengganti Ezra Walian dengan Hanis Saghara.

Rizky Ridho mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-58, . Ia melepaskan tendangan terarah, sayang bola masih membentur tiang gawang.

Singapura tak tinggal diam, The Lions melakukan serangan balik cepat lewat Ikhsan Fandi yang mengoper ke Song. Beruntung tendangannya masih melebar di sisi gawang Nadeo.

Shin Tae-yong melakukan tiga perubahan pada menit ke-64. Elkan Baggott menggantikan Rizky Ridho.

Kemudian Irfan Jaya masuk dengan menggantikan Ramai Rumakiek dan akhirnya Egy Maulana Vikri bermain setelah Ricky Kambuaya ditarik.

Singapura semakin merana pada menit ke-67. Pasalnya bek mereka Irfan Fandi dikartu merah langsung oleh wasit usai menjatuhkan Irfan Jaya yang lepas dari kawalan.

Selalu menekan, Timnas Indonesia malah kebobolan dari Singapura yang bermain 9 orang. Gol tersebut terjadi via eksekusi tendangan bebas Shahdan Sulaiman pada menit ke-74.

Setelah mencetak gol, Singapura mendapat peluang lagi. Shahdan lagi-lagi mengancam gawang Timnas Indonesia lewat tendangan bebas yang diarahkan langsung.

Beruntung Nadeo berhasil menepis bola yang hanya menghasilkan tendangan bebas bagi tim asuhan Tatsuma Yoshida. (Kompas TV)