Tambang Pasir di Maesan Diduga Ilegal, Satpol PP Bondowoso Tak Bisa Ambil Tindakan -->
Cari Berita

Tambang Pasir di Maesan Diduga Ilegal, Satpol PP Bondowoso Tak Bisa Ambil Tindakan

Sunday, December 26, 2021



BONDOWOSO- Aktivitas tambang pasir di Desa Sumberpakem, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, yang tergolong galian C diduga beroperasi tanpa mengantongi izin alias ilegal.


Menanggapi tambang pasir diduga ilegal tersebut, Satpol PP Bondowoso mengaku kebingungan, tidak bisa mengambil tindakan tegas, dikarenakan perizinan pertambangan sudah menjadi urusan provinsi yang kini diambil alih pemerintah pusat.


"Kami siap ambil tindakan asalkan dari Dinas Lingkungan Hidup juga mengambil tindakan. Kalau kami semerta-merta bertindak malah kami sendiri yang dibui, karena tidak adanya kewenangan," kata Kasatpol PP Bondowoso, Slamet Yantoko, Ahad (26/12/2021).


Dia menegaskan, penertiban Galian C diduga ilegal memerlukan tim, baik bidang Perekonomian, DLH, PUPR, Perizinan, Badan Pendapatan, serta dari Satpol PP sendiri.


Justru yang lebih tepat, lanjutnya, penertiban tambang ilegal saat ini sudah menjadi ranah kepolisian. Karena aparat kepolisian bertindak atas undang-undang. "Jika dilihat tugas dan wewenang Satpol PP sendiri hanya menjalankan Perda dan Perbup," terangnya.


Saat ini Galian C diduga ilegal di Bondowoso ditemukan di 2 titik. Pihaknya masih memetakan sebaran galian C keseluruhan di wilayah ini.


"Untuk mengetahui lebih lanjut dari bagian Perekonomian membuat pemetaan agar segera ketemu dimana saja letak galian C yang perlu diperhatikan," pungkasnya. (Ridwan)