Soal Maraknya Narkoba Di Siak, Kasat Narkoba Minta Semua Lapisan Masyarakat Bertanggungjawab -->
Cari Berita

Soal Maraknya Narkoba Di Siak, Kasat Narkoba Minta Semua Lapisan Masyarakat Bertanggungjawab

Friday, December 10, 2021


Siak - Pemerintah terus berupaya memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan berbagai cara. Namun perkembangan regulasi pun diperlukan agar dapat mengikuti dinamika masyarakat. Perkembangan New Psychoactive Substances (NPS) menciptakan celah bagi kejahatan dikarenakan banyak narkotika jenis baru yang belum diatur oleh hukum. Ada sekitar 78 NPS masuk ke Indonesia, 74 sudah diatur dalam permenkes dan ada 4 yang belum diatur. Hal inilah yang melatarbelakangi terbitnya Inpres No 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).


Narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) sangat berpotensi merusak moral khususnya generasi muda dan masa depan bangsa. Masifnya peredaran dan penyalahgunaan narkoba saat ini memerlukan upaya pencegahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, sosialisasi tentang bahaya narkoba harus tetap diperluas dan ditingkatkan oleh seluruh elemen pemerintah dan masyarakat.


Kepolisian Resor Siak melalui Satuan Reserse Narkoba menyampaikan imbauan agar semua lapisan masyarakat bertanggungjawab secara bersama-sama dalam melakukan upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba.


"Kita berharap dan menghimbau segenap lapisan masyarakat untuk bersama sama melakukan pencegahan terhadap penyalagunaan narkoba di lingkungan tempat tinggal masing masing," kata Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto SIK melalui Kasat Narkoba AKP Jailani, Jumat (10/12).






Peran serta pemuda pemudi kata Kasat Narkoba, agar aktif melakukan pencegahan dengan cara diantaranya, melakukan kegiatan yang positif di lingkungan tempat tinggal, seperti berolaraga, aktif di remaja mesjid dan remaja gereja dan ibadah lainnya.


Melalui tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk aktif menghimbau tentang bahaya narkoba,narkoba merusak generasi penerus bangsa.


"Agar lakukan rehab terhadap keluarga yang kecanduan dan ketergantungan narkoba," sambungnya. (MR/RED)