Komunikasi Bupati Bondowoso Sumbang, Sejumlah DPRD Tinggalkan Sidang Paripurna -->
Cari Berita

Komunikasi Bupati Bondowoso Sumbang, Sejumlah DPRD Tinggalkan Sidang Paripurna

Wednesday, December 29, 2021

Keterangan Foto: Aksi Walk Out 32 anggota DPRD Bondowoso

Bondowoso, Jatimaktual- Sidang paripurna DPRD Bondowoso diwarnai aksi Walk Out dari sejumlah fraksi.


Peristiwa itu Bupati Bondowoso ditinggal oleh sejumlah anggota DPRD.


Akibat 32 orang Angga DPRD Bondowoso keluar dari ruang sidang, maka penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tidak jadi ditetapkan, sehingga sidang itu gagal.


Langkah yang diambil oleh sejumlah anggota dewan dari beberapa fraksi Partai tersebut bukan tanpa sebab, hal tersebut bermula saat adanya komunikasi yang sumbang dari Bupati KH. Salwa Arifin saat mengadakan mutasi ASN beberapa pekan lalu.


Andi Hermanto Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), mengatakan, Bupati melakukan mutasi ASN hanya sebelah pihak, tanpa kolaborasi antara Eksekutif dan Legislatif, sehingga dari kejadian tersebut anggota DPRD memberikan peringatan tegas kepada bupati.


" Teman-teman DPRD mengambil langkah tersebut mungkin sudah enggan dengan sikap Bupati yang kemarin dengan adanya mutasi ASN di lingkup DPRD yang menyebabkan suatu Kekecewaan," ujar Andi Hermanto yang juga Ketua komisi II.


Semntara H.Sudarsono anggota Fraksi PKB juga menegaskan, jika memang perlu dilakukan mutasi ASN oleh Bupati seharusnya lebih baik diambilkan dari yang benar-benar linier dengan pendidikannya supaya tidak timpang.


Data dilapangan, ada 4 orang guru yang dimutasi. Padahal di Bondowoso masih kekurangan guru.


" Ini membuktikan bahwa notasi jabatan dapat dikatakan ngawur," ujarnya.


Akhirnya, buntut dari aksi itu Wakil Ketua DPRD Sinung Sudrajat mengambil mic, kemudian mengumumkan bahwa sidang tersebut tidak dapat dilanjutkan karena Ketua Pimpinan Sidang tidak hadir dan tidak ada pendelegasian untuk memimpin sidang dalam acara tersebut.


" Sidang ini tidak bisa dilanjutkan, karena pimpinan sidang tidak hadir dan tidak ada pendelegasian," tutupnya.


Penulis : Ridwan