Kader Sentil Pelantikan dan Mati Surinya HMI Cabang Pamekasan -->
Cari Berita

Kader Sentil Pelantikan dan Mati Surinya HMI Cabang Pamekasan

Mohammad Fairus
Wednesday, December 15, 2021

 


Jatim Aktual, Pamekasan - Sejak terpilihnya Fathorrohman sebagai Formateur Ketua Umum pada 6 September 2021 yang lalu, HMI Cabang Pamekasan hingga saat ini belum menggelar pelantikan pengurus yang baru.


Dengan begitu, ketidak jelasan tersebut menuai banyak pertanyaan dan keresahan bagi mayoritas kader HMI Cabang Pamekasan, tak terkecuali Syuhud Syayadi Amir sebagai anggota biasa HMI.


"Dulu saat kepengurusan Hokim (Ketua Umum sebelumya), terjadi keberlangsungan kepengurusan sampai 3 tahun tanpa adanya Konfercab. Padahal itu melanggar konstitusi HMI," kata Syuhud sapaan akrabnya, Selasa (14/12/2021).


Ironisnya lagi, lanjut Syuhud, sudah 3 bulan lebih pasca Konfercab, HMI Cabang Pamekasan ternyata kembali mati suri. Menurutnya, kejadian ini sangat memalukan organisasi HMI terhadap organisasi lain di Kabupaten Pamekasan.


"Lagi-lagi melanggar konstitusi HMI. Seharusnya maksimal 30 hari pengurus yang dinyatakan resmi sebagai pengganti sebelumnya harus melakukan serah terima jabatan," ungkapnya.


Tidak hanya itu, isu yang beredar di kalangan kader komisariat bahwa calon pengurus HMI Cabang Pamekasan sebagian tidak lulus LK II. Kebijakan tersebut melangkahi konstitusi HMI lagi.


"Walaupun itu masih belum jelas kepastiannya, saya berhak bertanya kepada HMI Cabang Pamekasan, terkhusus kepengurusan sekarang yang masih belum dilantik. Apakah itu adalah cara untuk mendapatkan gelar lumbung intelektual atau malah akan menjadi lumbung kegoblokan?," tegas Syuhud.


Menurutnya, cara demikian merupakan penyakit bagi HMI Cabang Pamekasan. Dari itu, ia meminta formateur ketua umum untuk mengklarifikasi hal tersebut.


"Sekali lagi, ini bukan cara untuk menciptakan kader intelektual di HMI." Pungkasnya