Andrew Parengkuan: Ahok Perlu Didorong Perubahan Langkah Bersinergi, untuk Transformasi BUMN Ber-Ahlak -->
Cari Berita

Andrew Parengkuan: Ahok Perlu Didorong Perubahan Langkah Bersinergi, untuk Transformasi BUMN Ber-Ahlak

Saturday, December 4, 2021


Jakarta - Menyaksikan Diskusi yang disampaikan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Pak Ahok dan disiarkan melalui Channel Youtube dengan judul “Pejabat Tidak Boleh Takut Mengeksekusi." Andrew Parengkuan Pemerhati Ekonomi melihat banyak masukan yang diberikan oleh Pak Ahok untuk segera dapat ditindaklanjuti agar terjadi perbaikan khususnya BUMN.


"Saya sangat mengapresiasi masukan-masukan yang diberikan oleh Pak Ahok tersebut. Hanya saja, sebagai seorang Ahoker, saya berharap agar Pak Ahok dapat terus melakukan perbaikan-perbaikan yang signifikan di Pertamina. Supaya sebagai Perusahaan BUMN yang besar, seperti Pertamina dapat berkembang lebih baik dan efisien," kata Andrew Parengkuan yang juga Kornas Posko Relawan 01 saat diwawancarai Syafrudin Budiman SIP, Wartawan Senior, Sabtu (04/12/2021) di Jakarta.


Menurut Aktivis 98 ini, Ahok juga bisa menjadi spirit dengan memberikan kontribusi profit yang besar ke kas negara. Untuk itu sangatlah penting agar Pak Ahok dapat membangun komunikasi yang baik dengan setiap jajaran yang ada di Pertamina.


"Tentunya dibutuhkan kepiawaian sebagai seorang pemimpin dan seni di dalam melakukan pengawasan di Pertamina, agar dapat berjalan secara harmoni. Namun goal settingnya tercapai, serta tata kelola yang bersih makin tercipta," terang Andrew sapaan akrabnya Ahoker ini.


Katanya, Pak Ahok harus melakukan langkah perubahan yang sinergi untuk Transformasi BUMN, dibandingkan hanya berbicara di ruang publik dengan menceritakan kebobrokan yang terjadi. Padahal menurut Andrew, area tersebut menjadi tanggung jawabnya.


"Seorang pemimpin seharusnya bisa melihat sisi positif dari anak buahnya, dibandingkan hanya menemukan ribuan sisi negatifnya, dengan demikian pemimpin tersebut dapat melakukan pembinaan-pembinaan untuk mengubah hal yang negatif menjadi positif," sarannya.


Apalagi kata Andrew, saat ini Pak Ahok bukan lagi Gubernur yang dipilih langsung oleh rakyat, yang dapat ngomong banyak hal. Karena waktu itu ruang lingkup Gubernur sangat banyak.


"Saat ini Pak Ahok adalah seorang Komisaris Utama Pertamina, yaitu telah menjadi seorang Profesional. Tentunya Pak Ahok harus mengkonsultasikan dengan atasannya, yaitu Menteri BUMN, jika tidak dapat menyelesaikan permasalahannya. Bukan malah mengumbarnya di ruang publik, apalagi sampai mengurusi hal lain yang bukan merupakan ranahnya," kritiknya.


Sebagai Relawan Jokowi, Andrew sangat ingin Pak Ahok dapat terus membantu Presiden Jokowi di dalam membangun dan membenahi negeri ini, karena Pak Ahok adalah orang yang cerdas dan berintegritas. Untuk itu dirinya tidak ingin Pak Ahok putus lagi di tengah jalan, seperti ketika menjabat Gubernur DKI dulu, karena kurang dapat membangun komunikasi dan harmonisasi yang baik.


"Kami berharap Pak Ahok dapat mencurahkan energinya dalam mendorong perubahan. Sehingga dapat bersinergi dalam upaya transformasi di BUMN yang saat ini sedang dilakukan oleh Pak Erick Thohir selaku Menteri BUMN," pungkasnya. (red)


Penulis: RB. Syafrudin Budiman SIP