7 Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung ke Pamekasan -->
Cari Berita

7 Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung ke Pamekasan

Thursday, December 23, 2021


Pamekasan, Jatim Aktual -
Pamekasan merupakan Kabupaten yang dikenal dengan jargon Gerbang Salam, Daerah kecil yang bersebelahan dengan Kab. Sampang dan Sumenep, Madura tersebut juga dikenal dengan batiknya yang menawan. Kamis, 23/12/21.

Namun tidak hanya itu, jika berkunjung ke Pemekasan, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi kuliren khasnya. 

Kabupaten yang saat ini dipimpin Mas Tamam tersebut, memiliki kuliner yang sangat unik seperti yang terkenal di Indonesia, Jika Madura pada umumnya terkenal dengan satenya. Maka di Pemekasan kamu juga bisa menemukan Kuliner sate khas yang sangat unik . 

Berbagai kuliner khas Pemekasan ini mungkin akan sulit kamu temukan di kota atau wilayah lain di Indonesia. Oleh karenanya, jangan sampai kamu melewatkan pengganjal perut tersebut.

Makanan khas Pemekasan seperti sate lalat, kaldu kokot, hingga campur lorjhuk harus kamu cicipi sekali seumur hidup. 
Wisata kuliner Pemekasan Madura terdiri dari makanan-makanan tradisional yang legendaris. 

Campuran bahan 
-bahan yang unik dengan bumbu khas Madura, membuat citra rasa makanan khas Pemekasan ini semakin menggugah selera. Berikut Rangkumanya : 

1. Sate lalat

Wisata Kuliner khas Pemekasan Madura yang pertama tentunya adalah sate, yaitu sate lalat. Meski namanya sate lalat, bukan berart sate ini terbuat dari lalat, nama ini disematkan karena ukurannya yang sangat kecil dibandingkan dengan sate pada umumnya. Bagi kamu pencinta sate Madura, tentunya sate lalat ini tidak asing lagi dan harus dicicip. 

Tak berbeda jauh dengan sate Madura kebanyakan, kuahnya menggunakan kuah kacang kental dan daging yang digunakan adalah daging Ayam.

Kedai sate lalat yang cukup terkenal di Pemekasan ini awalnya dipopulerkan oleh Warga Toronan Kowel, baru merambah ke pusat kuliner Pamekasan, Niaga Sae Salera. Lokasinya berada di kawasan warung tenda. Sae selera. Satu porsi sate lalat biasanya berisi 20 tusuk sate plus lontong. 

2. Nase’ Jhajan

Nase’ Jhajan yang terkenal sangat lezat dan menggoda selera ini merupakan wisata kuliner khas Pemekasan Madura. Jika kamu sedang berkunjung ke Pemekasan, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati makanan khas yang sangat legendaris ini. 

Nase' Jhajan, disajikan dengan pincukan daun pisang, dan disertai berbagai macam pilihan lauk, seperti telur, kuah petis, daging, serundeng dan lain-lain.

Sambal pedasnya juga akan menggoyang lidah penikmatnya. Makan sajian wisata kuliner Pemekasan ini dengan tangan sungguhlah nikmat dan lezat. Kamu bisa mencicinya di Wilayah Parteker, Pemekasan. 

3. Kaldu Kokot

Wisata Kuliner Pemekasan Madura berikutnya adalah kaldu kokot alias kaldu kikil ini sebenarnya merupakan sop kikil dan kaki sapi. Ia disebut sop karena kuliner satu ini masuk dalam kategori kuah.
 
Sebenarnya, Kaldu kokot lebih menyerupai gulai atau rawon, namun ditambahkan dengan potongan kikil atau kulit dan tulang kaki sapi.

Satu porsi kaldu kokot disajikan lengkap dengan nasi atau potongan lontong. Sebagai pelengkapnya tersedia juga Perkedel ubi, Kerupuk lorji, atau kacang mete sebagai pilihan nya. 

Kamu bisa mengunjungi Warung Kaldu di Jl. Pintu Gerbang No. 46, Pemekasan Madura. Warung ini memiliki resep kaldu kokot yang tetap terjaga secara turun temurun . 

4. Campur Lorjhuk Bu Hamidah

Campor Lorjuk ini merupakan wisata kuliner Pamekasan Madura, tepatnya di Kec. Pademawu. Bahan utama dari Campor tersebut tentu adalah Lorjhuk itu sendiri. 

Lorjhuk adalah sejenis kerang laut yang banyak ditemukan di tepi pantai pesisir Madura. Bentuknya yang panjang seperti bambu sehingga Lorjhuk juga dikenal dengan kerang bambu atau kerang kuku. 

Jenis kerang bambu ini bisa ditemukan saat air laut sedang surut yang berada di bawah pasir pantai. 

Satu porsi Campor Lorjuk terdiri dari irisan lontong, mie soun yang sudah dimasak, kacang (Oto') yang dimasak dengan bumbu manis, kecambah goreh, remahan peyek, kemudian disiram dengan kuah Campor Lorjhuk dan taburan Lorjhuk yang sudah dimasak di bagian atasnya sebagai topping. 

Campor Lorjhuk tidak lagi membutuhkan campuran penyedap buatan karena rasa gurih kuahnya yang berasal dari rebusan Kerang Bambu sudah sangat gurih.

5. Nase' Ramoy

Nase' Ramoy merupakan salah satu wisata kuliner Pamekasan Madura yang unik. Kuliner pamekasan satu ini menyajikan paduan nasi putih dengan daging yang gurih, serta jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu merah yang terasa empuk. 

Menu ini nantinya dilengkapi dengan siraman kecap dan irisan cabe rawit diatasnya. Kamu bisa mengunjungi warung Nasi Barokah, yang terletak di Jl. Pintu Gerbang No. 130 A Pamekasan, untuk menikmati Nase’ Ramoy yang menggugah selera ini. Harganya juga cukup terjangkau.

6. Rujak Tajin Ibu Farida

Wisata kuliner Pamekasan berikutnya adalah Rujak Tajin Ibu Farida di Jalan Purba Pamekasan. Rujak ini sering juga disebut dengan rujak bubur. Untuk membuat rujak bubur ini, selain bubur, bahan yang digunakan seperti kacang sangrai, petis, ikan tuna khas Madura, mentimun, sayuran dan cingur sapi. 

Menggunakan cowek besar, butiran kacang dihaluskan bersama tomat dan cabai sambil diberi petis beserta bumbu yang sudah halus. 

Selanjutnya, dicampur dengan timun yang dicacah, sayuran, dan tidak lupa cingur dengan kupuk tette khas Pamekasan turut dibubuhkan. 

Lalu diulek lagi agar bumbu merata. Sebelum dihidangkan bubur ini dipasang di atas piring, lalu ditumpangi racikan bumbu rujak yang sudah dicampur. Tentunya sanagat menggugah selera siapa saja yang ingin menikmatinya.

7. Soto Ayam Keppo Pamekasan

Bicara soal Soto Ayam Madura salah satu tempat yang terkenal adalah Soto Ayam di Jalan Raya Keppo. 

Wisata kuliner Pamekasan ini rasanya gurih dan nikmat. Ayam yang digunakan dalam kuliner ini menggunakan ayam kampung dan dimasak dengan teknik tersendiri sehingga menghasilkan soto yang gurih.

Soto ayam ini diberi irisan daging ayam yang empuk, soun, telur rebus dan perasan jeruk nipis dan dihidangkan dengan lontong atau nasi. 

Sedangkan Soto Ayam Madura ini kuahnya cenderung bening dengan rasa yang ringan dan tidak berasa rempah. Isiannya berupa potongan ayam kampung, telur, kentang rebus dan kerupuk semacam peyek yang dihancurkan serta taburan bawang goreng di atasnya. Kamu bisa makan dengan ketupat atau nasi.

Itulah rangkuman makanan khas Pamekasan yang bisa kamu jumpai ketika sedang berkunjung ke Pamekasan.


* Penulis: Anggun Putri
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura