Rustam Nawawi, Penyuluh KUA Sewon Raih Predikat Terbaik Bimtek KUA Percontohan Ekonomi Umat -->
Cari Berita

Rustam Nawawi, Penyuluh KUA Sewon Raih Predikat Terbaik Bimtek KUA Percontohan Ekonomi Umat

Sunday, November 7, 2021



Jakarta - Salah satu peserta Bimtek perwakilan dari KUA Kapanewon Sewon Bantul, Yogyakarta, Rustam Nawawi Pelaco, Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS didaulat sebagai peserta terbaik hasil seleksi panitia Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Ditzawa) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia di hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta, 3 - 5 November 2021.


Rustam juga merupakan salah satu penyuluh teladan DIY 2018 itu secara aktif dan antusias mengikuti proses Bimtek Penyuluh Pendamping KUA Percontohan Ekonomi Umat yang diikuti 11 (sebelas) KUA di Indonesia.


"Saya bersyukur dan terima kasih atas kesempatan ini, telah menambah wawasan tentang ilmu pendampingan. Alhamdulillah, saya telah mendapatkan suatu kehormatan sebagai peserta terbaik bersama 7 peserta dari KUA lainnya, yakni : Ade Yusuf, KUA Ciawigebang Kab. Kuningan, Jawa Barat, Mega, KUA Duren Sawit, Jakarta, Habibah, KUA Biringkanaya, Kota Makasar Sulawesi Selatan, Baiturahman, Kepala KUA Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Salim, KUA Sidoarjo Jawa Timur, Suntoro, KUA Banjarnegara, Jawa Tengah, dan Helmi, Kepala KUA Matangkuli Kab. Aceh Utara Aceh. Ujar Rustam yang juga Dosen STEBI Al Muhsin Yogyakarta tersebut, Sabtu, 6/11/2021.




Kasubdit Edukasi, Inovasi dan Kerja Sama Zakat dan Wakaf, Wida Kusumawati membagikan hadiah kepada Rustam dan 7 orang peserta terbaik lainnya. Wida menaruh harapan kepada para penyuluh pendamping.


"Saya berharap dengan Bimtek ini para penyuluh lebih mendapatkan tambahan ilmu terkait pendampingan untuk pilot projek pemberdayaan ekonomi umat. Selain itu, peserta diajarkan tentang mendampingi pengelolaan keuangan, memiliki time line target capai-capaian yang berjenjang dimulai dari input, output dan outcome,” harapnya.


Selanjutnya, "Tidak kalah penting yakni Penyuluh itu dapat menyusun laporan pendampingan masing-masing kepada kepala KUA yang nantinya akan disampaikan kepada pengelola program ( pengelola tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat)." Pungkasnya. (rust)


Editor: RB. Syafrudin Budiman SIP

Email: syafrudinbudiman8@gmail.com