Longsor Jalan Kolonel Masturi Sudah Di Antisipasi Pihak BPBD -->
Cari Berita

Longsor Jalan Kolonel Masturi Sudah Di Antisipasi Pihak BPBD

Friday, November 5, 2021



Bandung Barat - Peristiwa tanah longsor yang sempat menimbun badan Jalan Kolonel Masturi di Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengakibatkan akses jalan tersebut ditutup sementara.


Meski demikian, hari ini kendaraan roda dua dan empat telah dapat melintas kembali di jalur alternatif menuju kawasan Lembang tersebut. Kamis, (4/11). 


Pasalnya, sejumlah petugas gabungan telah membersihkan material longsor itu. Bahkan, sekitar titik peristiwa longsor sudah dilakukan pemapasan tanah untuk mengantisipasi bencana susulan. 


Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, meski sudah dibuka kembali kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya kendaraan kecil. 





Sedangkan, Duddy menambahkan kendaraan besar seperti bus dan truk masih dilarang melintasi jalur tersebut.


"Dari kemarin sore, Jalan Kolonel Masturi sudah kami buka kembali untuk kendaraan kecil. Tapi, untuk bus dan truk masih belum boleh melintas," ujarnya.


Ia menerangkan, pihaknya sudah melakukan penanganan di titik-titik longsor untuk mengantisipasi adanya material longsor yang jatuh dan menutupi badan jalan.


"Ini dikarenakan intensitas hujan masih tinggi dan hampir setiap hari selalu turun hujan. Pengendara yang melintas juga tetap harus berhati-hati terutama saat hujan turun," terangnya.


Ia menjelaskan, untuk pembukaan Jalan Kolonel Masturi ini pihaknya pun tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Bahkan, ada anggota BPBD yang melakukan patroli serta menempatkan petugas untuk melakukan pemantauan kondisi di titik longsoran.


Menurutnya, hal itu dilakukan mengingat tanah tebing di lokasi tersebut dikhawatirkan masih labil. 


"Pembukaan Jalan Kolonel Masturi ini sifatnya masih situasional. Kendaraan berat masih dilarang melintas dan apabila kondisi hujan besar bisa saja ditutup kembali untuk sementara waktu," ucapnya.


Ia juga mengimbau, kepada pengguna jalan yang melintasi Jalan Kolonel Masturi untuk tetap berhati-hati.


Pasalnya, selain titik longsor ada juga jalan yang kondisinya terkelupas di depan kantor Desa Sukajaya. Termasuk, di sekitar Curug Pelangi yang masih ada pengaturan kendaraan yang melintas akibat ada penyempitan jalan bekas longsor.


"Kami mengimbau agar pengguna jalan tetap waspada terutama saat hujan deras turun ketika melintas di Jalan Kolonel Masturi. Sebaiknya tidak memaksakan dan berteduh ke tempat yang aman dulu," tandasnya. (red)

Editor: RB. Syafrudin Budiman SIP