4 Kabupaten di Madura Jadi Lumbung Hibah PU Bina Marga Prov. Jatim -->
Cari Berita

4 Kabupaten di Madura Jadi Lumbung Hibah PU Bina Marga Prov. Jatim

Thursday, November 11, 2021

Jawa Timur - Berkisar Delapan Puluh Miliar lebih anggaran Dana Hibah Dinas Pekerjaan Umum Binamarga Jawa Timur dikucurkan ke kelompok Masyarakat di Madura. 

Anggaran yang diterima oleh Kelompok Masyarakat bervariatif mulai dari kisaran lima puluh juta (50.000.000) hingga empat ratus sembilan puluh lima juta (495.000.000) untuk pencaiaran hingga Bulan November ini. namun herannya bantuan dana hibah tersebut malah menumpuk dibeberapa Desa di Madura, sehingga keberadaan dan serapan anggaran tersebut perlu menjadi evaluasi bersama terutama asas manfaat kepada masyarakat. 

Hasil pantauan dan informasi yang dihimpun jatimaktual.com anggaran dana hibah tunai ini setiap tahunnya menumpuk di beberapa desa yang secara logika mengingat besarnya anggaran dan banyaknya kelompok masyarakat penerima di salah satu desa tentu jarang ditemukan infrastruktur yang rusak apalagi tidak pernah disentuh pekerjaan proyek. Namun faktanya malah terbalik. Hal ini yang seharusnya dievaluasi oleh pihak terkait baik penegak hukum maupun Pemerintah Jawa Timur.

Bayangkan, satu kelompok penerima bantuan hibah untuk infrastruktur di kecamatan banyuates dan karang penang kabupaten sampang ada yang 435 juta dah 495 juta. di Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Batumarmar, Proppo kabupaten Pamekasan ada yang menerima sebesar 300, 350, 395 juta. Sedangkan di Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep ada kelompok yang menerima 348 juta dan di Kabupaten Bangkalan kisaran 200 jutaan.

Hal ini sangat berpotensi menjadi bancakan karena mulai dari proses hingga pelaporan keuangannya terindikasi bermasalah. Apalagi hasil pekerjaan Dilapangan. 

Hingga rilis ini diturunkan belum ada Konfirmasi dari pihak Dinas PU Bina Marga Prov. Jatim. (Red)