Tokoh Muda Nias: Pertemuan Bersejarah dan Monumental, Forkada se-Kepulauan Nias Bertemu Presiden Jokowi di Istana -->
Cari Berita

Tokoh Muda Nias: Pertemuan Bersejarah dan Monumental, Forkada se-Kepulauan Nias Bertemu Presiden Jokowi di Istana

Wednesday, October 6, 2021



Jakarta - Aktivis Milenial Edizaro Lase menyambut baik dan positif pertemuan antara Forum Kepala Daerah (Forkada) Kepulauan Nias dan Presiden Jokowi di Istana Merdeka Selasa, 05/10/2021. Turut hadir Ketua Forkada dan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Bupati Nias Yaatulo Gulo, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli.


Ia menilai langkah cepat dan proaktif yang diprakarsai oleh Ketua Forkada se-Kepulauan Nias dan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu merupakan langkah strategis dalam upaya mewujudkan kesejahteraan dan percepatan pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Kepulauan Nias yang tergolong satu daerah terluar, tertinggal dan termiskin.


Terkait pembangunan infrastruktur seperti perluasan runway bandara Binaka serta fasilitas nya dan jalan lingkar Kepulauan Nias adalah harapan dan kerinduan masyarakat yang sesungguhnya. Jika perluasan Bandara Binaka ini segera dieksekusi maka maskapai penerbangan internasional pun bisa mendarat dan berdampak positif pada grafik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.


Terwujudnya pembangunan jalan lingkar juga akan memberikan multi efek tehadap berbagai sektor misalnya konektivitas antar kabupaten yang bisa menghemat waktu dan memangkas biaya transportasi, terbukanya objek wisata baru, terbukanya lapangan pekerjaan, peluang bisnis khususnya hotel, restoran dan cafe (horeca).


Mengapa? Menurut Presiden Jokowi pada saat melakukan kunjungan kerja ke Pulau Nias pada tahun 2016 lalu ada dua sektor vital yang berpotensi mendulang pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu sektor pariwisata dan perikanan, ujar Edizaro Lase di Jakarta, Rabu (06/10/2021).


Ia menyampaikan Forkada dibawah Kepemimpinan Amizaro Waruwu berhasil meyakinkan istana negara untuk memberikan perhatian khusus untuk kepentingan masyarakat Kepulauan Nias.


Presiden Jokowi juga sangat komitmen dengan janji politiknya untuk mensejahterakan masyarakat Kepulauan Nias setelah melakukan kunjungan kerja pada tahun 2016.


Tentu saja pertemuan Forkada Kepulauan Nias dan Jokowi akan memberikan pengaruh signifikan terhadap kebijakan nasional dalam rangka menggelontorkan dana melalui kementerian /lembaga. Artinya perhatian Presiden Jokowi terhadap masyarakat Kepulauan Nias terealisasi di pemerintah Jokowi dan Ma'ruf Amin, ujar Edizaro Lase.