PUNCAK HUT KE-5 YAYASAN GINJAL INDONESIA: ANIES BASWEDAN MEMBERIKAN SEMANGAT KEPADA PASIEN -->
Cari Berita

PUNCAK HUT KE-5 YAYASAN GINJAL INDONESIA: ANIES BASWEDAN MEMBERIKAN SEMANGAT KEPADA PASIEN

Sunday, October 17, 2021


Jakarta - Acara puncak perayaan HUT ke-5 Yayasan Ginjal Indonesia dimeriahkan oleh berbagai hiburan. Acara yang diselenggarakan secara virtual itu, tak mengurangi keseruannya seperti acara-acara HUT tahun sebelumnya yang diselenggarakan di luar jaringan. Acara tersebut dipandu  oleh komedian, Anyun Cadel, via aplikasi Zoom dan live streaming Youtube Yagin pada Sabtu pagi (16/10).

Ketua Umum Yayasan Ginjal Indonesia, menyampaikan, acara kali ini merupakan puncak acara perayaan HUT ke-5 Yagin, yang mana acara ini diselenggarakan dalam upaya menghibur pasien anak gagal ginjal.

“Anak-anak pasien gagal ginjal ini secara fisik bahkan secara mental diuji oleh Allah. Tentunya butuh dukungan yang sangat kuat, dari kita semua  sebagai makhluk sosial. Makanya kami sering melibatkan artis, seperti saat ini dihadiri kak Anyun. Tujuannya agar ikut serta dalam mengkampanyekan  kesehatan ginjal ini.” Ujarnya.

Sementara, acara ini juga dihadiri dan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anies berharap Yayasan Ginjal Indonesia tetap konsisten menjadi support system, bukan hanya pada pasien, melaikan juga pada keluarga pasien, sehingga mereka bisa melewati masa-masa yang penuh tantangan ini. 

“Secara khusus kepada anak-anak yang menjadi pasien tetaplah bersemangat, tetaplah menjaga optimisme. Selalu  menjadi pribadi yang tangguh, yang bisa melewati masa-masa penuh ujian ini, yang nantinya akan menjadi pribadi yang sehat, bermanfaat untuk semua. Selamat ulang tahun Yayasan Ginjal Indonesia yang ke lima, salam hangat dari balai kota,” harapnya.


Selain itu, acara di isi dengan sharing and caring tentang perjuangannya pasien dalam melawan penyakit ginjalnya. Dalam sesi ini, membuat Anyun komedian yang biasanya tertawa, harus meneteskan air mata. Anyun menyampaikan, sangat tersentuh dengan cerita pasien yang bernama Ayn dan Jihan. 

Selepas itu, acara dilanjutkan dengan hiburan, diawali dari penampilan Laras, pasien anak gagal ginjal dengan membawa lagu Bunda, Melly Goeslaw. Kemudian acara dilanjutkan dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum Yayasan Ginjal Indonesia.

Tak hanya itu, acara juga dimeriahkan oleh rekan-rekan dari Rumah Dongeng Pelangi. Peserta sangat antusias mendengarkan dongeng dari Kak Ridha. Peserta juga terlibat aktif dalam dongeng tersebut, sambil tebak-tebakan.

Kemudian, acara dilanjut dengan penampilan seni musik dari Yayasan Seniman Jalanan Indonesia. Lagu-lagu yang dibawakan membuat peserta makin betah di depan kamera. Pada acara penutup, diisi dengan menyanyi bersama, dengan lagu Laskar Pelangi yang dipandu oleh staf Yayasan Ginjal Indonesia, Icha.

Sebelumnya telah digelar rangkaian acara HUT ke-5 Yayasan Ginjal Indonesia secara virtual diantaranya:

1. Parade Perlombaan HUT ke-5 YAGIN: Acara ini diselenggarakan sejak tanggal 19 Agustus-19 Oktober 2021

2. Webinar Series Chapter I dengan tema “Transplantasi Ginjal”: Acara ini dibuka oleh Menteri Kesehatan dan diisi oleh narasumber dokter dan suster RSCM Jakarta.

3. Wbinar Series Chapter II dengan tema “Perawatan Pasien Gagal Ginjal di Masa Pandemi”: Acara ini dibuka oleh Gubernur Jawa Timur dan diisi oleh Direktur Utama RSUD. Dr. Soetomo Surabaya  serta dokter dari RSCM 

4. Webinar Series Chapter III dengan tema “Peran dan Partisipasi Kritis Mahasiswa (PPKM), Edukasi Pencegahan Gagal Ginjal Sejak Dini”. Acara ini dibuka oleh Kiai Said Aqil Sirad Ketua Umum PBNU dan diisi oleh narasumber dokter dari NU dan dokter dari RSCM.

5. Penyuluhan Edukasi Keluarga Pasien: Acara ini diselenggarakan dalam rangka memberi edukasi terkait sistem pengajuan bantuan.

6. Santunan HUT ke-5 Yayasan Ginjal Indonesia: Acara ini digelar dengan doa bersama dalam rangka tasyakuran.

7. Dan acara puncak HUT ke-5 Yagin yang baru saja selesai.