Oppo Madura diduga Menyalahi Aturan -->
Cari Berita

Oppo Madura diduga Menyalahi Aturan

Mohammad Fairus
Tuesday, October 5, 2021


 Jatim Aktual, Pamekasan - Salah satu brand smartphon (Oppo) kini mendapat sorotan, bagaimana tidak, pihak Oppo diduga menyalihi aturan kerja. Selasa, 05/10/21


Salah satu karyawan Oppo, Waqid, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa pihak Oppo tidak pernah sekalipun memberikan uang kompensasi kepada karyawan.


 "Dalam hal perjanjian kerja waktu tertentu berakhir sebagaimana dimaksud dalam Pasal 61 ayat (1) huruf b dan huruf c, pengusaha wajib memberikan uang kompensasi kepada pekerja/buruh. Uang kompensasi ini tidak pernah diberikan terhadap karyawan, padahal jelas disana dijelaskan tentang uang kompensasi harus di bayarkan." Ucap waqid 


Lebih lanjut, ia mengatkan bahwa tak hanya masalah uang kompensasi, ia juga menduga ada hal lain yang juga dilanggar oleh pihak Oppo.


"Ketika slip gaji karyawan tidak di berikan terhadap karyawan, sehingga karyawan tidak tahu hitungan nominal gaji yang diterima, adanya pemotongan yg tidak sesuai dengan kontrak kerjapun dengan seenaknya bisa saja dilakukan oleh perusahaan dan karyawan tidak mengetahui karena slip gajinya tidak diberikan." Lanjutnya


Waqid juga menambahkan, bahwa ia dan teman-teman karyawan lain juga sempat mengadukan kejanggalan tersebut kepada pihak Disnaker Kab. Pamekasan, namun ternyata memang dari perusahan PT World Innovative  OPPO Madura tak sekalipun pernah ada komunikasi dg pihak disnaker, perihal jumlah karyawan dll.


"Ternyata Pihak Oppo tidak sekalipun komunikasi dengan Disnaker Pamekasan." Pungkasnya


Dikonfirmasi secara terpisah Disnaker Kab. Pamekasan, melalui Bapak Yusuf, mengatakan bahwa selama ini memang belum ada komunikasi dari pihak Oppo, baik itu pelaporan jumlah karyawan dll.


"Selama ini kami belum pernah komunikasi dengan Oppo, entah itu terkait pelaporan jumlah karyawan dan hal yang lain." Ucapnya kepada media ini.