Cakades Nyeleneh, Direktur Lembaga Hukum Keadilan LBH-AMY M. Rian Ali Akbar, S.H : Ini Harus di Usut Tuntas -->
Cari Berita

Cakades Nyeleneh, Direktur Lembaga Hukum Keadilan LBH-AMY M. Rian Ali Akbar, S.H : Ini Harus di Usut Tuntas

Wednesday, October 6, 2021

 *



Lampung - Calon kepala desa Desa Mulyosari Kabupaten Lampung Selatan menjadi perbincangan masyarakat lantaran mengubah lambang Pancasila. 

Polisi diminta turun tangan mengusut kejadian tersebut & Menertibkan.


Direktur Lembaga Hukum & Keadilan LBH-AMY M. Rian Ali Akbar, S.H. menyayangkan adanya  merubah lambang Pancasila yang diduga dilakukan oleh Calon Kepala Desa Mulyosari tersebut. 

Rian Ali mengatakan lambang Negara tersebut harus dijaga dengan baik.


Penampakan Lambang Pancasila yang Diubah Calon Kepala Desa Mulyosari


"Intinya lambang negara itu kan merepresentasikan negara. Jadi, harus kita hormati dengan baik. Sebagai warga negara, kita harus menjaga kehormatan lambang negara tersebut,'' ucap Rian Ali saat dikonfirmasi , Rabu (04/10/2021).


Calon Kepala Desa Mulyosari, Kabupaten Lampung Selatan, diketahui merubah lambang Pancasila. Dalam sejumlah foto yang beredar, Kepala Desa tersebut merubah makna dari tiap-tiap butir pancasila.


Menurut Rian Ali, yang dilakukan calon kepala desa ini termasuk ke dalam tindakan melawan hukum. "Itu termasuk penghinaan pada lambang negara di Undang-Undang 24 Tahun 2009 telah disebutkan, melarang siapa pun untuk membuat gambar untuk identitas yang menyerupai Pancasila," tutur Rian Ali.


Sementara dalam UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan pada Pasal 57 C dikatakan: Setiap orang dilarang membuat lambang untuk perseorangan, partai politik, perkumpulan, organisasi dan/atau perusahaan yang sama atau menyerupai Lambang Negara.


Rian Ali berharap polisi turun tangan menindaklanjuti permasalahan tersebut

."Kita tentu berharap kasus ini diusut tuntas oleh pihak kepolisian," tutur Rian Ali. (red)