Pemilik Rumah Bermasalah IMB, Kembali Cekcok dengan Warga dan Sekuriti Perumahan Permata Buana -->
Cari Berita

Pemilik Rumah Bermasalah IMB, Kembali Cekcok dengan Warga dan Sekuriti Perumahan Permata Buana

Thursday, September 23, 2021



Jakarta - Gaduh kembali terjadi di seputar kembangan utara, komplek Perumahan Permata Buana, wilayah Pulau Pantara, Rt 1 RW 11, Kembangan, Jakarta Barta kemarin Selasa (21/9/2021).


Dalam video viral yang menyebar di berbagai sosial media ini terlihat keributan antara sejumlah sekuriti dan salah satu warga bernama Candy. Keributan terjadi karena Cindy diduga kuat memiliki rumah IMB Fiktif. Dimana dalam setiap memasukan bahan bangunan belum dapat ijin dari pengurus warga sekitar perumahan.


Dalam video para sekuriti tampak mengingatkan Cindy selaku pemilik rumah mengurus proses ijin dari RT dan pemerintah setempat. Sebab para sekuriti mengaku menjalanka tugas - tugas pengamanan dan ketertiban  yang di area komplek perumahan.


"Kami bekerja sesuai aturan, kami di juga diataur dalam Undang-Undang (UU), sehingga tak sembarangan bila kami menahan barang - barang orang atau warga di sekitar. Sebab rumah tersebut masih belum ada ijin memasukkan barang-barang material ke rumah. Ya tentu kami berkewajiban untuk menahan dan minta segera buat ijin," kata salah satu petugas Sekuriti yang tak mau disebut namanya.





Menurut petugas Sekuriti yang lain menyatakan pihaknya menjalankan tugas - tugas dan sesuai dasar hukum tugas Satpam tertuang dalam Pasal 3 UU No.2/2002 tentang Polri. Dimana Satpam merupakan salah satu pengemban fungsi Polri.


"Tugas kami mengingatkan dan memberitahukan agar mengurus perijinan yang berlaku, agar tidak konflik dengan warga yang lain. Jadi kami mengamankan agar tidak terjadi keributan yang tidak kondusif," ujarnya.


Menurutnya juga, dalam juga dalam Pasal 1 angka 2 Perpol 4/2020 ttg Pam Swakarsa disebutkan, Satpam adalah satuan atau kelompok profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas non yustisial yang dibentuk melalui perekrutan oleh BUJP atau pengguna jasa Satpam untuk melaksanakan pengamanan dalam menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. 


Selain itu kata Sekuriti tersebut, Tugas dan Peran Satpam tertuang dalam Pasal 16 Perpol 4/2020.


Video viral antara Ibu Candy pemilik rumah dan sekuriti, beserta sejumlah warga membuat gaduh seluruh warga Perumahan Permata Buana.


"Candy dan keluarganya dianggap gaduh di tengah-tengah rumahnya yang mana proses IMB nya dinilai fiktif oleh warga sebagaimana dianggap IMB Fiktif oleh warga," pungkas Sekuriti yang menyesalkan kejadian tersebut. (red)