KKN Posko 12 INSTIKA Annuqayah, Melaksanakan Pendampingan Olahan Roti di SMK Al-Itqan Larangan Ganding -->
Cari Berita

KKN Posko 12 INSTIKA Annuqayah, Melaksanakan Pendampingan Olahan Roti di SMK Al-Itqan Larangan Ganding

Mohammad Fairus
Tuesday, September 7, 2021

  



Jatim Aktual - Guluk-Guluk, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institu Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk, Posko 12 melakukan pendampingan proses penguatan manajemen dan pemasaran produk olahan roti kepada anggota Usaha Kecil Menengah (UKM) di SMK Al-Itqan yang terletak di Desa Ketawang Larangan, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep.


Salah satu program yang dilaksanakan oleh kelompok KKN Posko 12 INSTIKA, berupa pendampingan terhadap praktek olahan roti yang biasa terlaksana 2 kali dalam satu minggu yakni hari selasa dan sabtu, dengan adanya hal tersebut kami berinisiatif untuk membantu UKM SMK Al-Itqan Di Desa Ketawang Larangan, kecamatan Ganding.


"Agar supaya tidak hanya bisa dalam pengolahan saja akan tetapi juga mampu memasarkan dengan baik dan dapat bersaing di pasaran." Papar Qusyairi selaku ketua posko 12.


Lebih lanjut M.Faizi yang terlibat langsung dalam pengelolaan melakukan wawancara disela sela kegiatan tersebut dengan salah satu guru pengawas ibu Luluk. beliau menyampaikan bahwasanya, ada beberapa macam olahan roti yang sudah dilaksanakan oleh UKM SMK Al-itqan ini diantaranya berupa Pizza, Roti Sobek, Roti Sweet Ciss dan jugak banyak lainnya, beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada kami karena sudah merasa mendapatkan suatu perhatian dari mahasiswa KKN Posko 12. Adapun olahan roti yang dilakukan saat ini yaitu olahan puding kentang.


Selain itu siswa siswi mendapat manfaat yang luar biasa dengan adanya praktek pengolahan roti, "kami menjadi tau betul dengan proses pembuatan roti dan kami faham tidak hanya cara saja akan tetapi faham dalam pengolahannya", Ujar Siswa-siswi SMK Al-Itqan.


"Semoga adanya peserta KKN Posko 12 ini dapat menebar manfaat bagi SMK Al-Itqan kedepannya"