Gus Din Ketum DPP Partai UKM Indonesia Kunjungi DPW Propinsi DIY, Berikan Motivasi Politik dan Bisnis Koperasi -->
Cari Berita

Gus Din Ketum DPP Partai UKM Indonesia Kunjungi DPW Propinsi DIY, Berikan Motivasi Politik dan Bisnis Koperasi

Wednesday, September 15, 2021



Yogyakarta - Syafrudin Budiman, S.IP Ketua Umum DPP Partai UKM Indonesia memberikan semangat perjuangan partai politik dan motivasi ekonomi kerakyatan dengan pendirian koperasi modern. Hal ini disampaikan Gus Din sapaan akrabnya saat berkunjung dan silaturahmi ke DPW Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Partai UKM Indonesia.


"Ketum Gus Din, memberikan kontribusi pemikiran tentang peluang-peluanh kedepan dalam menjalankan bisnis koperasi dan UMKM. Ada 3 item yang mau disampaikan, diantaranya terkait dengan Partai UKM Indonesia, pembangunan jaringan partai, pembangunan jaringan bisnis berhubungan dengan politik dan  penguatan misi ekonomi kerakyatan," kata Sahat Parulian Tobing, S.An., Rabu (15/09/2021) di Yogyakarta.


Menurut Ferdinan, Gus Din menceritakan bahwa bersama rekannya pernah membentuk Partai Politik yang bernama PMB. Saat ini partai ini akan diakuisisi oleh Partai UKM Indonesia dengan konsep melahirkan baru dengan semangat kaderisasi secara organik.



Visi dan misi adalah ekonomi kerakyatan yang berdasarkan Pancasila dengan bentuk Partai Intelektual Kader yang ideologis dan visioner.


Sebagai persyaratan menjadi Parpol Peserta Pemilu, semua partai diharuskan berbadan hukum. Tentu dengan akuisisi Partai Matahari Bangsa menjadi Partai UKM Indonesia sudah fix dengan sudah berlandaskan hukum dan akan meneruskan persiapan administratif dan perubahan nama Badan Hukum Partai Politik ke Kementerian Hukum dan HAM pada tahun 2022 mendatang. Serta mempersiapkan Muktamar atau Kongres di tahun 2022 mendatang.





Jika sudah lengkap semuanya secara administratif faktual keseluruhan di 34 DPW dan 514 DPD-DPD se-Indonesia akan didaftarkan ke KPU RI di Tahun 2023 untuk mengikuti Verifikasi Faktual.


"Diharapkan daerah-daerah juga sudah selesai semuanya DPD ( Dewan Pimpinan Daerah ) Kabupaten atau Kota selama 7 bulan sebelum bulan Mei tahun 2022. Diharapkan sudah akan datang sudah ada domisili kantor, kepengurusan, laporan kesbangpol, keterwakilan perempuan 30%, sewa atau beli untuk kantor sekretariat itu nantinya tekhnis dimana yang akan diperjuangkan dan tanggung-jawab oleh Ketua dan Sekretaris DPW dan DPD," kata Gus Din.


Selanjutnya kata Gus Din, pengurus Partai UKM Indonesia bisa juga Pelaku Usaha UMKM yang terlibat langsung di lapangan karena basisnya jelas dan seluruhnya tetap solid.


Setelah sambutan dari Ketum dilanjutkan perkenalan diri dari masing-masing Pengurus agar lebih mengenal dan tambah solid.


Kemudian dilanjut diskusi dan Yudhi Kurniawan, Ketua DPW DIY Partai UKM indonesia mengatakan basis jaringannya secara organik dari Pelaku Usaha UMKM yang sudah dilakukan Pengrajin Pigura yang ditemui Ketua Kelompoknya di perempatan Sagan akan dibuatkan berita online untuk membantu pangsa pasar piguranya via jualan online.


"Inilah yang akan menjadi Kader dan Simpatisan Partai UKM Indonesia DPW DIY secara otomatis mereka bersedia dan mau menjadi anggota," katanya.


Akhir dari pertemuan kunjungan Ketum DPP Partai UKM Indonesia Syafrudin Budiman, S.IP menghasilkan sebuah keputusan, yaitu :

1. Menguatkan Struktural Kepengurusan DPW DIY Partai UKM Indonesia ;

2. Membangun Jaringan Ke Graas Root atau Ke Bawah ( Pelaku Usaha UMKM, Koperasi, Tim Media, dan Advokasi Hukum ) ;

3. Membentuk Koperasi Partai UKM Indonesia dengan naman Koperasi UKMI Bisnis yang Anggota atau Pengurusnya Berasal dari Pengurus DPW DIY Partai UKM Indonesia dan atau Kader Partai UKM Indonesia ditambahkan Umum ;

( Sekwil Akan Ke Dinkop dan UMKM DIY untuk menanyakan Persyaratan dan Lainnya ) ;

4. Pertemuan Kopi Darat Di Rumah Bapak Miyarto Yth selaku Ketua Pembina Partai UKM Indonesia pada hari Sabtu tanggal 25 bulan September tahun 2021 mendatang ; dan

5. Dalam 7 Bulan ini dikejar segera untuk Bentuk Kepengurusan Tingkat DPD Kabupaten atau Kota Secara Komitmen, jelas dari Sekwil DPW DIY Partai UKM Indonesia Ferdinand Sahat Parulian Tobing, S.An.


Acara selesai pukul 12:30 hari sabtu tanggal 11 september 2021 di Malioboro Garden Hotel Kota Yogyakarta dan diakhiri foto bersama. (red)


Penulis: FSPT