Dua Tokoh Pemuda Haris Pertama dan Ton Abdillah Has Terlempar Dari Kepengurusan DPP Partai Golkar -->
Cari Berita

Dua Tokoh Pemuda Haris Pertama dan Ton Abdillah Has Terlempar Dari Kepengurusan DPP Partai Golkar

Wednesday, September 29, 2021



Jakarta - Haris Pertama, Ton Abdillah Has dan lainnya dicopot dan terlempar dari kepengurusan DPP Partai Golkar. Kedua tokoh pemuda ini dinilai tidak aktif dari kepengurusan DPP Partai Golkar dan diganti kader lainnya.


Perubahan nama-nama kepengurusan kedua tokoh pemuda ini tidak lepas dari imbas pergantian antarwaktu untuk tiga posisi wakil ketua umum. Salah satunya, posisi Azis Syamsuddin digantikan oleh Adies Kadir.


Haris selama ini dikenal sebagai mantan aktivis mahasiswa dan tokoh KNPI. Sementara Ton Abdillah Has dikenal sebagai Mantan Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) periode 2011-2014 dan Ketua DPP Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) sayap dakwah Partai Golkar.



Pencopotan dari kepengurusan ini berdasarkan keputusan rapat pleno DPP Golkar, Senin malam, 27 September 2021. Pergantian dilakukan untuk mengisi sejumlah posisi yang kosong.


Haris Pertama; jabatan Anggota Departemen Keamanan Nasional, digantikan oleh M. W.Putra Septadhana Kader AMPG. Sementara Ton Abdillah Has; jabatan Anggota Departemen Kerohanian, tidak aktif digantikan oleh Akhmad Gozali Harahap.


Berikut  nama-nama yang bergeser, dirubah dan dicopot dari kepengurusan DPP Partai Golkar:


1. Azis Syamsuddin; jabatan Waketum Korbid Polhukam, mengundurkan diri digantikan oleh Adies Kadir yang sebelumnya menjabat Ketua Bidang Hukum; Adies Kadir digantikan oleh John Kenedy Azis yang sebelumnya menjabat Wakil Bendahara Umum; John Kenedy Azis digantikan oleh Adde Rosi Khoirunisa, Anggota FPG DPR RI.


2. Roem Kono; jabatan Waketum Korbid Penanganan Bencana Alam & Sosial, menjadi Dubes Bosnia, digantikan oleh Firman Soebagyo yang sebelumnya menjabat Ketua Bidang Hubungan Lembaga Politik; Firman Subagyo digantikan oleh Daniel Muttaqin, Kader Partai GOLKAR.


3. Rizal Mallarangeng; jabatan Waketum Korbid Penggalangan Strategis, mengundurkan diri digantikan oleh Erwin Aksa yang sebelumnya menjabat Ketua Bidang Industri; Erwin Aksa digantikan oleh Adi Lukman.


4. Venno Tetelepta; jabatan Ketua Bidang Kaderisasi & Keanggotaan, digantikan oleh M. Sabil Rachman yang sebelumnya menjabat Ketua Bidang Hubungan ormas; M. Sabil Rachman digantikan oleh Fahd El Fouz Arafiq yang sebelumnya menjabat Wasekjen Bidang Hubungan Lembaga; Fahd El Fouz Arafiq digantikan oleh Jan Pieter Pangaribuan yang sebelumnya menjabat Wasekjen Bidang Pengawasan Pengembangan & Pembangunan Infrastruktur; Jan Piter Pangaribuan digantikan oleh Feizal Hamka.


5. M. Sarmuji; jabatan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa Timur, menjadi Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Timur digantikan oleh M. Misbakhun yang sebelumnya menjabat Ketua Bidang Keuangan & Pasar Modal. Sementara M. Misbhakun digantikan oleh Puteri Anetta Komarudin yang sebelumnya menjabat Wasekjen Bidang Keuangan & Pasar Modal, Puteri Anetta Komarudin digantikan oleh Tri Hanurita kader KPPG.


6. Klemen Tinal; jabatan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Papua & Papua Barat, meninggal dunia digantikan oleh Azis Samual.


7. Panggah Susanto; jabatan Ketua Bidang Kesehatan & Lingkungan Hidup, menjadi Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah digantikan oleh Christina Ariyani yang sebelumnya menjabat Wasekjen Bidang Hukum & HAM; Christina Ariyani digantikan oleh Muhammad Sattu Pali yang sebelumnya menjabat Anggota Departemen Hukum; Muhammad Sattu Pali digantikan oleh Achmad Taufan Soedirjo yang sebelumnya menjabat Anggota Departemen Hak Asasi Manusia; Achmad Taufan Soedirjo digantikan oleh Dwi Purnama Indah Kader MKGR.


8. Rudy Mas’ud; jabatan Wasekjen Bidang Pertahanan, menjadi Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kalimnatan Timur digantikan oleh Istu Hari Subagio Anggota FPG DPRD Provinsi Jawa Timur.


9. Sahat Tua Parlindungan Simanjuntak; jabatan Wasekjen Bidang Bencana Alam & Sosial, menjadi Sekretaris DPD Partai GOLKAR Provinsi Jawa Timur digantikan oleh Fitria Yusuf Hamka yang sebelumnya menjabat Anggota Departemen Keuangan & Pasar Modal; Fitria Yusuf Hamka digantikan oleh Itje Dewi Koeraesin Anggota FPG DPR RI.


10. Mardiyanti Adnan Aksa; jabatan Anggota Departemen Otonomi dan Pemerintahan Daerah, mengundurkan diri digantikan oleh Neni Moernaeni Kader KPPG.


11. Siti Aisyah; jabatan Anggota Departemen Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa I, terlibat masalah Hukum digantikan oleh Tania Laena yang sebelumnya menjabat Anggota Departemen Koperasi & UKM; Tania Laena digantikan oleh Teti Rohatiningsih Anggota FPG DPR RI.


12. Arya Anugrah Pratama; jabatan Anggota Departemen Hubungan Luar Negeri, mengundurkan diri digantikan oleh Neuman Hainata Kader Kosgoro.


13. Ton Abdillah Has; jabatan Anggota Departemen Kerohanian, tidak aktif digantikan oleh Akhmad Gozali Harahap.


14. Rina Fitri; jabatan Anggota Departemen MPO, Mengundurkan diri digantikan oleh Moh. Fauzi Ibrahim.


15. Yefta Mbolik; jabatan Anggota Departemen Keamanan Nasional, digantikan oleh Aga Khan Kader AMPG.


16. Haris Pertama; jabatan Anggota Departemen Keamanan Nasional, digantikan oleh M. W.Putra Septadhana Kader AMPG.


17. Heru Dewanto; Jabatan Wakil Bendahara Umum, digantikan oleh Selinta Gita yang sebelumnya menjabat Anggota Departemen Pengawasan Pengembangan & Pembangunan Infrastruktur; Selina Gita digantikan oleh Tuning Rahayu Kader KPPG.


Meski demikian, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, belum mengumumkan pengganti untuk Azis Syamsuddin di posisi Wakil Ketua DPR.


"Tentu masih ada proses-proses yang harus dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang ada baik di partai maupun di DPR," kata Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis, Selasa (28/9/2021).


Sementara itu Haris Pertama dan Ton Abdillah Has saat dikonfirmasi belum bisa menjawab. Ton Abdillah Has dihubungi, Selasa malam (28/09/2021) chat WhatsApp (WA) tidak menjawab, namun komfirmasi tanggapan atas dirinya dicopot dari kepengurusan DPP Partai Golkar.(red/in)


Editor: GD