PROFIL PONDOK ZIYADATUT TAQWA -->
Cari Berita

PROFIL PONDOK ZIYADATUT TAQWA

Friday, August 6, 2021

NAFILAH ZULFA

(KETUA PONDOK PUTRI ZIYADATUT TAQWA)

Ziyadatut Taqwa sebuah pesantren yang terletak tak jauh dari kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, bisa dikatakan juga ada di tengah-tengah perkampungan tepatnya, dusun Asem- Larangan Tokol- Pamekasan. Karena letaknya tak jauh dari kampus IAIN Madura tak patut di pungkiri santri yang mondok di pesantren ini rata-rata mahasiswa dari pulau Madura ada juga yang dari luar Madura. Meskipun yang nyantri di pesantren ini rata-rata Mahasiswa, namun pesantren ini bukan untuk mahasiswa siapa saja boleh nyantri di pesantren.


Sekilas Pondok pesantren Ziyadatut Taqwa  didirikan oleh sosok kyai muda Mohammad Afiful khoir, bin Kh.Ahmad Zayyadi. Ia lahir di kadur Pamekasan, sejak kecil beliau belajar ngaji kepada ibunya Ny. Subaihah, dan belajar kitab kepada ayahnya KH..Zayyadi, sebelum beliau menimba ilmu ke Pesantren Sidogiri-Pasuruan- Jawa Timur. 


Kehadiran pondok ini mengalir begitu saja tanpa adanya rencana dari beliau. Setelah beliau meyelesaikan studi Magister (S2) di UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, beliau kembali kekampung halamanya dan dinikahkan dengan sepupunya Ny. Wasilatul bariroh alumni pondok pesantren Nurul Qur’an Kraksaan Probolinggo.


Beliau mengawali karirnya dengan membantu ayahnya sembari ia mengabdikan dirinya dengan menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi di Pamekasan, seperti Universitas Islam Madura, Sekolah Tinggi  Agama Islam (STAI) Al-Khairat Pamekasan dan STAIN Pamekasan yang sekarang menjasi IAIN Madura. Berbekal sepetak tanah yang beliau membuat  cangkruk, kalau kata orang Madura disebut dengan istilah ger-langgeren yang terbuat dari anyaman bamboo yang dijadikan tempat istirahat ketika beliau pulang dari tempat majlis. Dan dari sebuah cangkruk inilah menjelma pondok pesantren putra dan putri.


Lingkungan yang tandus dikelilingi rawa sedikit jauh dari perkampungan, sulit air, tidak menyurutkan niat  para santri  pertama yang berjumlah sembilan orang  untuk kerasan ngaji kepada beliau. Tahun demi tahun santri mulai banyak berdatangan sehingga menuntut pula pengembangan sarana dan sarana yang memadai seperti yang tampak pada sekarang ini, seiring bertambahnya santri menjadikan beliau untuk fokus pada pengembangan pesantren, mengabdikan diri untuk para santrinya serta mulai melepas pengabdian di kampus yang ia jalani sebagai titian karirnya.  pondok ini  kemuduan diberi nama pondok pesantren Ziyadatut Taqwa.


Pada bulan juni tahun 2019 alhamdulilah pondok pesantren Ziyadatut Taqwa bisa merealisasikan rencana induk pengembangan pesantren, dengan membeli sebidang tanah untuk di bangun masjid dan lembaga pendidikan formal dan non formal, dan ditanah ini pulalah dianugrahkan nikmat oleh allah swt yang tiada tara, dengan munculnya sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan aktifitas para santri, disamping aliran PDAM yang sudah masuk dua tahun sebelumnya, serta  disamping sumur buju’ koneng yang memang menjadi tumpuan pemenuhan kebutuhan air para santri.  


Setiap pesantren mempunyai visi dan misi sebagai wujud bahwa pesantren itu memiliki tonggak dalam berproses mencetak insan yang berakhlakul karimah, tak terkecuali pondok Pesantren Ziydatut Taqwa yang mempunyai  4 pilar program sebagai penyanggah visi-misi tersebut:


Program Ma'hadiyah

Meliputi kajian kitab kuning, kompetensi-kompetensi spritual yang menjadi tradisi amalan kearifan lokal masyarakat ahlisunnah wal-jama'ah, seperti, tahlil, istghasah, dibaiyah,latihan, bilal, khutbah, khitbah, nikah, dan praktik ruanglingkup jenazah dll.


Program Madrasiyah

Dalam rangka mendukung memperkokoh kompetensi pemahaman, nilai-nilai amaliyah ahli sunnah waljama'ah, sebagaimana lingkup kurikulum yang telah ditetapkan, seperti, aqidah, fiqih, tafsir, tasawuf, nahu dan shorrof.


Program Ubudiyah. 

Sebagai bentuk spirit latihan kedisiplinan dan keistiqomahan melakukan aktifitas ibadah, fardhu, maupun sunnah, seperti sholat berjamaah, dhuha, tahajjud, serta praktek dari sholat sunnah lainya.


Program Tahfidz Al-qur'an

Merupakan program pokok dari pada Pondok Pesantren Ziyadatut Taqwa.

Organisasi Pesantren

IKSAZ (Ikatan Santri dan Alumni Ziyadatut Taqwa)

MUSAWZIT (Musyawarah Wali Santri Ziyadatut Taqwa)

Banjari 

Lembaga Formal


Merupakan terobosan terbaru yang terdiri dari MTS Ziyadatut Taqwa dan MA Ziyadatut Taqwa yang menjadi program pendidikan formal terbaru dari pesantren ini dan al-hamdulillah tahun ini juga di buka pendaftaran santri yang ingin sekolah baik tingkat MTS (Madrasah Tsanawiyah) atau MA (Madrasah Aliyah).


Dengan mengucap syukur al-Hamdulillah atas nikmat Allah yang begitu besar kini pesantren ini berkembang dan terus melakukan pembenahan dengan symbol lii’lai kalimatillah.