10 Hafidz Juz Amma STUPA Pasang Mahkota Kepada Orang Tua -->
Cari Berita

10 Hafidz Juz Amma STUPA Pasang Mahkota Kepada Orang Tua

Mohammad Fairus
Tuesday, May 4, 2021

 


Jatim Aktual, Pamekasan - Sebanyak 10 orang hafidz juz amma memasangkan mahkota kepada orang tua masing-masing di hadapan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan, Kasi Peserta Didik dan Pembinaan Karakter Disdikbud Kabupaten Pamekasan, Ketua Komite Sekolah,  dan undangan lain di aula SMP Negeri 1 Pakong Senin (3/5) kemarin. Kegiatan tersebut dilakukan untuk merespons terobosan inovatif yang digagas jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan selama ramadhan untuk siswa jenjang SD dan SMP sekabupaten Pamekasan, yakni gerakan membaca, menghafal, dan menulis Al-Quran juz 30. 


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan, H. Akhmad Zaini, menyatakan gerakan ini sengaja diambil untuk memberikan kesempatan kepada lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungannya agar tidak terlalu mengalami kesenjangan dengan lembaga pendidikan di bawah naungan kementerian agama (kemenag). 


‘’Selama ini yang intens mengajarkan Al-Qur’an cenderung dilakukan di madrasah dan sejenisnya. Pendidikan umum hanya mengajarkan dalam porsi sedikit, sehingga dengan gerakan ini pihaknya berharap ada keseimbangan antara pendidikan umum dengan nuansa keagamaan,’’ungkap Zaini saat melakukan uji kompetensi dan menyerahkan sertifikat tahfidz juz amma kepada 10 orang siswa SMP Negeri 1 Pakong (3/5) kemarin.


Zaini menambahkan, pihaknya merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada para orang tua dan seluruh guru pendamping karena sudah mampu mengantarkan para siswa menyelesaikan hafalan juz 30 dengan baik. 


‘’Para penghafal Al-Qur’an adalah orang-orang istimewa karena diberi kemampuan oleh Allah SWT untuk menjaga kitab sucinya. Oleh karena itu, kalian para siswa harus bersyukur  dengan kemampuan itu. Begitu juga ajunan para orang tua yang hari ini turut menyaksikan pemberian sertifikat tahfidz ini,’’papar Zaini sembari menambahkan target ke depan adalah setiap siswa pada akhir pendidikannya minimal sudah mampu menuntaskan hafalan juz amma.


Secara terpisah, Kepala SMP Negeri 1 Pakong, Abd. Basid Muslim mengungkapkan rasa bangganya terhadap para siswa yang mampu menyelesaikan uji kompetensi hafalan juz 30 dengan baik. Oleh karena itu, pihaknya sengaja memberikan reward kepada para siswa serta menggelar acara seremonial dengan menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pamekasan dan orang tua siswa serta komite sekolah.


‘’Sebagai wujud rasa bangga, saya sengaja memberikan reward berupa perlengkapan ibadah dan alat tulis kepada siswa yang tuntas menghafal juz amma. Mudah-mudahan menjadi motivasi kepada mereka untuk lebih meningkatkan hafalan berikutnya.’’jelas Basid Muslim kepada Jatim Aktual. 


Menurut Basid Muslim, selain 10 orang yang menerima sertifikat atau syahadah hafidz, masih ada 7 orang siswa yang tingkat hafalannya sudah mencapai 2/3 dari keseluruhan juz amma. Oleh karena itu, pihaknya berharap program inovatif yang digagas Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pamekasan akan terus berlanjut setelah ramadhan. 


‘’Bagi mereka yang belum tuntas menghafal juz amma, kami juga tetap memberikan reward meski tanpa sertifikat dan belum diberi kesempatan memasangkan mahkota kepada orang tuanya. Tapi akan kami lanjutkan hafalan mereka sampai tuntas setelah ramadhan nanti,’’tuturnya.(ABM)