Kemenag Kabupaten Sumenep: Tidak Ada Pesantren An Nuqoyah Lubsa -->
Cari Berita

Kemenag Kabupaten Sumenep: Tidak Ada Pesantren An Nuqoyah Lubsa

Mohammad Fairus
Wednesday, April 7, 2021

 


Jatim Aktual, Sumenep - Pondok Annuqayah melalui kausa hukumnya, Sulaisi  Abdurrazaq beberapa waktu yang lalu mendatangi kantor Kemenag Kabupaten Sumenep. Senin, 05/04/21.


Ketua LKBH IAIN Madura itu, menyampaikan permohonan klarifikasi secara tertulis ke kontor Kemenag kabupaten Sumenep, terkait kebenaran adanya pesantren An Nuqoyah Lubsa di bawah naugan Yayasan Siratul Islam, serta apakah ada keterlibatan kemenag daerah dalam pengajuan BOP pesantren.


"Kami ingin mengklarifikasi apakah memang pesantren Annuqayah Lubangsa tercatat dengan nama An Nuqoyah Lubsa", ucap Sulaisi, sapaan akrabnya.


Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa jika memang benar pesantren kliennya itu tidak bernama Annuqayah Lubangsa tetapi An Nuqoyah Lubsa. Maka, pesantren Annuqayah akan melakukan langkah administratif guna memperbaikinya.


" Jika memang benar pesantren Annuqayah Lubangsa terdaftar di Kemenag dengan nama An Nuqoyah Lubsa, maka kami akan melakukan langkah administratif" terangnya.


Namun pasca surat permohonan yang disampai oleh pihak kuasa hukum Ponpes Annuqayah. Kemenag Kabupaten Semenep juga memberikan jawaban secara tertulis, dengan nomor: B 962/KK. 13.23/3/PP.00.7/04/21, tanggal 07 April 2021 menyampaikan;
1. Kementrian Agama Kabupaten Sumenep tidak pernah mengeluarkan piagam oprasional an:
Nama      : ANUQOYAH LUBSA
NSPP      : 510035290421
Kel/Des  : Guluk-Guluk
Kec.        : Guluk-Guluk
Tgl berdiri: 24 Maret 1887
Masa berlaku : 16 Februari 2022
Yayasan : Siratul Islam

Adapun terkait pengajuan BOP pihak Kemenag Kabupaten Sumenep menjawab;
Pengajuan BOP Covid-19 tidak melalui Kemenag Kabupaten, sehingga segala macam persyaratan pengajuan BOP Covid 19 tidak ada di Kabupaten.


Foto: Dokumen klarifikasi Kemenag Kabupaten Sumenep terkait nama pesbtren An Noqoyah, dan pengajuan BOP. (Jatim Aktual/ Fairus)