Gerakan Pemuda Nusantara Dukung Pengeboran Migas di Pademawu Pamekasan -->
Cari Berita

Gerakan Pemuda Nusantara Dukung Pengeboran Migas di Pademawu Pamekasan

Mohammad Fairus
Thursday, April 22, 2021

 


Jatim Aktual, Pamekasan – Dewan Pengurus Daerah Gerakan Pemuda Nusantara (DPD GPN) Kabupaten Pamekasan mendukung keberadaan kontraktor Medco Energy Sampang Pty Ltd yang hendak melakukan pengeboran migas di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.


Ketua GPN Pamekasan, Joni Iskandar , menyebut kandungan migas di Kabupaten Pamekasan ada di beberapa titik, mulai dari laut sampai daratan.

Foto: Ketua GPN Pamekasan, Joni Iskandar. (Jatim Aktual/Fairus)


Hal ini baik dan perlu dikembangkan untuk kemudian dikelola dengan benar sehingga dapat membantu pendapatan asli daerah PAD,” joni saat diwawancarai via sambungan telepon, Selasa (21/4/21) dini hari.


Semua kegiatan sifatnya mempunyai efek negatif dan positip, namun jika selalu berfikir efek negatif nya maka investasi dan perputaran ekonomi khususnya di bidang migas tidak akan pernah berjalan dan tidak pernah dapat dikelola. 


Artinya semua prosedural dalam pengeboran migas di desa tanjung Pademawu ini tidak sembarangan, karena juga pasti memperhatikan efek terhadap lingkungan masyarakat dan lain lain nya dengan mereka mengurus ijin lingkungan dan amdal itu adalah upaya dari perusahaan untuk tetap menjaga stabilitas lingkungan dan kepatuhan terhadap aturan negara.


"saya pribadi mendukung untuk pengeboran migas tersebut demi perputaran perekonomian pamekasan terkhusus dibidang investasi pengelolaan migas karena saya yakin jika dikelola dengan dengan benar akan berdampak positif.


Diketahui nilai investasi pengeboran dan produksi migas sebesar 80 juta dolar AS di wilayah tersebut rencananya akan digunakan untuk melakukan kegiatan pengeboran 1 (satu) sumur pengembangan, membangun wellhead platform (WHP), membangun subsea pipeline, dan memodifikasi fasilitas eksisting WHP Oyong dan offshore production facilities (OPF) Grati.


Sementara Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Muharram, menyebut jika investasi tersebut pasti akan sangat menguntungkan bagi masyarakat Pamekasan.


“Pada prinsipnya Pemkab Pamekasan menyambut baik hal itu, karena yang akan diuntungkan nanti adalah masyarakat Pamekasan,” katanya dikutip dari mediamaduracom.


“Masyarakat di sekitar lokasi, juga merasakan asas manfaat dari pengeboran ini, terutama para nelayan yang selama ini biasa mencari penghidupan mereka dengan menangkap ikan di luat. Lokasi pengeboran ini kan di pantai,” imbuhnya. Dikutip dari beberapa pemberitahuan media.


demikian pula, Ketua GPN Pamekasan joni iskandar berbeda dengan pandangan dengan elemen pemuda yang lain, yang menyebutkan jika pengeboran akan berdampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat.


“segenap pengurus Gerakan Pemuda Nusantara GPN Pamekasan akan tetap mengkawal kegiatan pengeboran migas tersebut sampai sukses dan tetap akan mengkawal transparansi dari pendapatan hasil investasi kegiatan pengeboran migas agar nantinya PAD yang di dapat oleh pemerintah daerah dapat dikelola dengan baik dan dapat berdampak langsung kepada masyarakat khususnya yang ada di sekitar wilayah pengeboran migas tersebut,” terangnya.


Pihaknya akan mendukung dan siap menjadi mitra pemerintah ataupun perusahan investor sebagai upaya mensukseskan pengelolaan migas tersebut.