Bupati Apresiasi Program Pondok Ramadhan yang Diselenggarakan oleh Disdikbud Kab. Pamekasan -->
Cari Berita

Bupati Apresiasi Program Pondok Ramadhan yang Diselenggarakan oleh Disdikbud Kab. Pamekasan

Friday, April 23, 2021


Pamekasan, Jatim Aktual -
Pemerintah Kab. Pamekasan apresiasi program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) atas gelaran acara Pondok Ramadhan untuk para siswa dibawah naungan Disdikbud Pamekasan. Jum'at23/4/21.


Pondok Ramadhan tersebut diinisiasi oleh Kepala Disdikbud Kab. Pamekasan guna membangun pondasi keagamaan para pelajar di bumi Gerbang Salam. 

Di Pondok Ramadhan tersebut para siswa dituntut untuk menghafal dan menulis juz 30, kegiatannya berlangsung  selama satu minggu mulai tanggal 19/4/21 sampai tanggal 24/4/21. Hampir di seluruh sekolah se Pamekasan di bawah naungan Disdikbud.

Bupati Pamekasan, saat mengunjungi SDN Jalmak 1 Pamekasan tadi pagi,  sangat apresiasi program dari Disdikbud, terkait menulis dan menghafal Al-Qur'an, 

"Program ini merupakan gebrakan dari Disdik Pamekasan guna mewujudkan program prioritas Pemerintah tahun 2021 ini" ujar Mas Tamam sapaan akrab Bupati Pamekasan

Sementara itu, Munhari, Kasie peserta didik bidang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), menuturkan bahwa gerakan luar biasa tersebut merupakan inisiasi dari Kadisdikbud Pamekasan untuk mengisi kegiatan Ramadhan dengan hal positif.

Ia mengaku bangga adanya ide cemerlang tersebut. Sebab, sejauh ini telah diketahui sejumlah siswa yang mampu menghafal juz 30 sewaktu mengunjungi beberapa sekolah. Bahkan adanya lebih dari juz 30 hafalannya.

“Dan Alhamdulillah mendapat tanggapan positif baik dari siswa maupun orang tua. Semangat siswa dalam menghafal dan menulis juz 30 ini sangat tinggi. Saya mendapatkan beberapa siswa kelas 6 SD sudah hafal juz 30 (juz amma),” katanya.

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh seluruh sekolah. Terbukti, beberapa sekolah mendokumentasikan kegiatan pondok ramadan yang dilaksanakan di sekolahnya masing-masing dan mengunggahnya di beberapa media sosial.

Sejalan dengan yang disampaikan Bupati Pamekasan, Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini, menyebutkan tujuan terselenggaranya kegiatan pondok Ramadhan tersebut supaya siswa bisa menghafal seluruh isi surat-surat pendek yang ada di dalam Juz 30 (Juz Amma) dan menulisnya.

“Sekolah, diakhir pelaksanaan kegiatan pondok Ramadhan ini, diminta untuk menyerahkan beberapa dokumen bukti fisik pelaksaan kegiatan sekaligus bukti ketercapaian program pondok Ramadhan. Misalnya, format penilaian ketercapaian hafalan Juz 30 siswa dan satu naskah tulisan Juz 30 (Juz Amma) karya siswa,” ucapnya. (Ahmad)