Pengembangan Ekonomi di Desa Sergang, KKN STITA Gandeng IPS -->
Cari Berita

Pengembangan Ekonomi di Desa Sergang, KKN STITA Gandeng IPS

Mohammad Fairus
Saturday, March 13, 2021

 


Jatim Aktual, Sumenep - Kuliah kerja nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.


Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuny (STITA) Tarate Pandian Sumenep meluncurkan mahasiswa-mahasiwa nya untuk KKN di desa Sergang kecamatan Batu Putih kabupaten Sumenep.


Dari sebagian program kerja (proker) yang akan di lakukan oleh KKN STITA salah satunya adalah pengembangan Ekonomi melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM) di desa tersebut dengan menggandeng Ikatan Pemuda Sergang (IPS) untuk pendataan sekaligus pengembangan UMKM.


IPS sendiri baru 1 tahun berdiri atas inisiatif imam dan pemuda-pemuda di desa Sergang, meskipun 1 tahun baru berdiri IPS sudah dirasakan keberadaannya oleh masyarakat.


Hayati, selaku kordinator desa (kordes) KKN STITA mengatakan semoga dengan kehadiran kami, KKN STITA mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. 


Selain itu inisiator IPS Imam, mengatakan juga ingin mengembangkan ekonomi desa Sergang melalui beberapa umkm yang ada di desa Sergang sendiri, seperti beberapa produk yang sudah kami data yaitu Pentol gapek, serabhi, kocor, sendal, dan bubur ketan hitam.


"Semoga ke depan dengan adanya pendataan sekaligus pengembangan umkm, desa yang dulunya dihuni oleh masyarakat petani dan nelayan. Kedepan harus juga di huni oleh pengusaha-pengusaha lokal yang memang murni masyarakat sergang". Harap mahasiswa STIE bakti bangsa Pamekasan itu.