Lapas Pamekasan Teken MoU dengan Ponpes Puncak Darussalam -->
Cari Berita

Lapas Pamekasan Teken MoU dengan Ponpes Puncak Darussalam

Wednesday, March 31, 2021


Jatim Aktual - Pamekasan,
Serius tangani Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pamekasan Rehabilitasi adiksi Narkoba secara berkala dan teken MoU dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Puncak Darussalam Potoan Daya Palengaan Pamekasan. Rabu, 31/3/21.


Kegiatan tersebut berlangsung meriah di aula Lapas Blok A. Pamekasan.

M. Hanafi, Kalapas Kelas IIA Pamekasan, mengajak untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan.

"Jadilah insan taat hukum, berakhlak mulia dan berbudi luhur serta berguna dalam pembangunan, kata kyai karena kita tidak tahu rencana Allah" Ucap Hanafi.

Diketahui bahwa pada tahun sebelumnya Rehabilitasi juga telah dilaksanakan di Lapas dan berjalan dengan baik.  

Hanafi, menambahkan bahwa penyalahgunaan narkoba dini tahun ini tercatat sudah ribuan orang. Hal itu menurutnya akan menjadi ancaman bagi generasi muda negara.

"Tahun ini ribuan orang yang tercatat sebagai penyalahguna narkoba, diharapkan melalui pelaksanaan rehabilitasi di Lapas Kelas IIA Pamekasan, bisa meminimalisir jumlah korban penyalahguna narkoba, 
Serta diharapkan setelah habis masa pidana nanti tidak terjerat kasus narkoba lagi.”  Tutur Kelapas yang akrab disapa Pengasuh Ponpes At-Taubah tersebut.

Tujuan rehabilitasi sosial bagi penyalahgunaan narkoba tersebut untuk proses refungsionalisasi dan pengembangan agar WBP mampu memelihara pemulihan serta melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar. 

Selain itu agar dapat memulihkan kembali kehidupan para warga binaan. sehingga, warga binaan yang bebas dapat kembali ke masyarakat dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat umum.

Dirinya juga menghimbau agar WBP tidak lagi mengulang perbuatan menggunakan Narkoba, karena hukuman akan bertambah berat. 

Kegiatan tersebut diisi ceramah langsung oleh RKH. Abdul Hannan Tibyan, Pengasuh Ponpes Puncak Darussalam, Potoan Daya Palengaan Pamekasan dan berhasil menghipnotis peserta dengan gaya ceramahnya yang menghibur. Puncak acara dilanjutkan dengan berbagai penampilan dari salah satu pengurus Ponpes Puncak Darussalam serta penampilan dari Nato Band.(Vicky)