KPPI Dukung Sekolah Politik Perempuan -->
Cari Berita

KPPI Dukung Sekolah Politik Perempuan

Wednesday, March 17, 2021

BANDUNG - Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) mendukung gagasan Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk menyelenggarakan Sekolah Politik Perempuan. Gagasan itu disampaikan Kang Emil pada acara pengukuhan pengurus DPD KPPI Jabar di Gedung Sate  Rabu (17/3/2021). Ketua DPD KPPI Jabar Ratnaningsih menjelaskan, sekolah politik bagi perempuan itu akan meningkatkan kapasitas perempuan terutama di bidang politik.

"Saya mendukung sekali gagasan itu, karena selama ini salah satu kendala perempuan kurang berperan dalam bidang politik karena masalah kapasitas" katanya

Ratnaningsih juga menjelaskan masalah keterwakilan perempuan di parlemen. Menurutnya, hingga saat ini keterwakilan 30% perempuan di parlemen belum tercapai.

"Di Jawa Barat belum ada yang mencapai 30 persen. DPRD kabar saja baru 30 persen. Sama dengan Kabupaten Kota rata-rata di bawah 20 pesen, malah Kota Banjar itu hanya 1 orang perempuan anggota DPRD-nya" jelas Ratnaningsih

Menurut Ratnaningsih kendala utama belum optimalnya kiprah perempuan di panggung politik ada dua, yaitu dari internal dan eksternal.

"Dari internal, masih kurangnya motivasi perempuan untuk berkiprah di bidang politik dan masalah kurangnya dana. Yang kedua masalah eksternal yaitu masalah rivalitas dengan kaum laki-laki yang masih mendominasi" paparnya.

Oleh karena itu melalui KPPI Jabar, Ratnaningsih akan mengupayakan berbagai hal untuk menyelesaiakn kendala-kendala tersebut, di antaranya dengan peningkatan kapasitas perempuan. (Pun)