Kalapas Kelas II A Pamekasan Buka Program Rehabilitasi Sosial, Ini Harapannya -->
Cari Berita

Kalapas Kelas II A Pamekasan Buka Program Rehabilitasi Sosial, Ini Harapannya

Mohammad Fairus
Tuesday, March 9, 2021

 


Jatim Aktual - Pamekasan, Kalapas Sustik Kelas IIA Pamekasan buka program rehabilitasi sosial warga binaan permasyaratakan bagi pecandu, penyalahguna dan korban dari penyalahgunaan narkoba di Aula Lapas Sustik Kelas II A Pamekasan. Selasa, 9/3/21.


Kalapas Shohibir Rochman, menyatakan bahwa kegiatan tersebut sesuai rencana kerja Kemenkumham (Kakanwil Jawa Timur) dan Lapas Sustik Kelas IIA Pamekasan.


"Sebanyak 240 WBP yang terpilih sebagai peserta rehabilitasi sosial ini, itu pun dengan cara yang sangat ketat, mereka harus melalui tahapan screening dan harus memenuhi persyaratan yang ada" paparnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Pamekasan, Kepala BNN Kab. Sumenep beserta jajaran, Kasat Reskoba Polres Pamekasan, Tokoh Agama, Ghana, dan peserta rehabilitasi.


Dalam sambutannya juga, Shohibur Rochman Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, menaparkan bahwa kegiatan rehabilitasi sosial tersebut ditujukan kepada warga binaan yang sudah memenuhi syarat dan screening oleh petugas, dan beberapa tahapan lainnya. 


Tujuan dari kegiatan tersebut untuk merubah cara pandang, sikap dan tindak pola dari narapidana untuk kasus narkoba, utamanya para pecandu.


"Kami berharap 6 bulan kedepan dengan melakukan proses rehabilitasi ini mereka bisa pulih baik secara psikologis, sosial dan nilai-nilai pribadi narapidana untuk menjadi manusia seutuhnya,"terangnya

 

"Semoga dengan adanya kegiatan ini semua penjara untuk kasus narkotika bisa kita tekan, tingkat penyalahgunaan narkotika tiap tahunnya semakin meningkat, maka kita butuh kerjasama semua pihak, kami muara terakhir dari rangkaian proses pidana,"pungkasnya


Ditempat yang sama Kepala Badan Narkotika Kabupaten Sumenep Bambang Sutrisno, mengapresiasi kegiatan rehabilitasi yang dilakukan Lapsustik Narkotika Klas II A Pamekasan, kegiatan ini merupakan terobosan yang luar biasa untuk melakukan perubahan psikologis, sosial dan pribadi narapidana.


"Rehabilitasi salah satu program P4GN dalam rangka untuk bisa menyembuhkan para pecandu, karena tanpa direhabilitasi mereka tidak akan bisa sembuh tingkat kecanduannya,"pungkasnya.


Kepada Wartawan, Kasat Reskoba Polres Pamekasan AKP Bambang Hermanto, menuturkan Kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan untuk dapat merubah kehidupan narapidana di lapas narkotika maupun ketika mereka sudah kembali ke masyarakat dengan kehidupan yang berbeda tidak dengan kehidupan seperti kemarin.


"Setelah bebas nanti mereka sudah jauh dari narkotika, sudah jauh dari obat-obat yang terlarang jadi itu yang diharapkan oleh semua orang yang ada di Lapas maupun yang ada di luar," pungkasnya (M. Fairus)