Reses Komisi VIII DPR RI, Habeb Ali Ridho Mengaku Terenyuh Mendengar Keluh Kesah Masyarakat -->
Cari Berita

Reses Komisi VIII DPR RI, Habeb Ali Ridho Mengaku Terenyuh Mendengar Keluh Kesah Masyarakat

Thursday, February 18, 2021


Sampang - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar, Mohammad Ali Ridho melakukan reses perorangan di Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura, Kamis (18/2/2021).

Dia mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat Desa Mandangin guna mencari solusi penyelesaian terhadap permasalah yang terjadi di desa.


"Saat ini kita melakukan reses, tidak masa reses pun saya akan tetap berkonsultasi dengan masyarakat untuk menampung aspirasi dan apa yang jadi keluhan masyarakat di Dapil saya," kata Mohammad Ali Ridho.


Menurutnya, apapun yang menjadi keluh kesah masyarakat merupakan kewajibannya untuk menyampaikan kepada kementrian yang bersangkutan.


Baik itu tempat ibadah (masjid) yang tidak luput dari bantuan pemerintah hingga pendamping PKH yang uang transportnya dinilai tidak sebanding.


"Apapun permasalahannya kita akan sampaikan dan semua itu harus punya japan keluar," terangnya.


Pria yang akrab disapa Habeb Ali Ridho itu merasa terenyuh mendengar keluh kesah masyarakat Pulau Mandangin, lebih-lebih di tengah pandemi Covid-19.


Sebab, kata dia, perekonomian di Pulau Mandangin yang membutuhkan jarak tempuh dua jam lebih mengendarai perahu kecil tidak setabil.


"Di sini rata-rata masyarakatnya nelayan, sementara jika musim penghujan angin kecang, sehingga mereka tidak bisa melaut. Lantas dari mana mereka akan mendapatkan rezeki sementara mata pencahariannya hanya itu-itu saja," paparnya.


Selain itu, Habeb Ali Ridho juga merasa kasihan terhadap pendamping PKH di Pulau Mandangin. Sebab transport yang diperoleh tidak sebanding dengan pengeluarannya.


Dikatakannya, transport yang diperoleh pendamping PKH hanya Rp 100 ribu, sementara transport pulang pergi dari pelabuhan ke Pulau Mandangin membutuhkan biaya Rp 40 ribu.


"Itu mereka hanya bolak balik sebanyak 5 sampai 6 kali dalam satu bulan. Sangat tidak sebanding sekali," ujarnya.


Bahkan, hanya untuk menyelesaikan tugasnya, para pendamping PKH terkadang harus menginap di Pulau Mandangin.


"Bagi yang punya anak kecil ini yang perlu diperhatikan betul. Sementara mereka rata-rata punya keluarga semua," tukasnya.


Oleh karena itu, Habeb Ali Ridho berjanji bakal membawa persoalan-persoalan yang ada di bawah ke kementerian terkait guna mengentaskan masalah.


Sekedar diketahui, usai melakukan reses di Pulau Mandangin Sampang, politisi Fraksi Golkar tersebut melanjutkan silaturahmi ke tokoh agama di Kabupaten Pamekasan.