Mendadak, Rektor IAIN Madura Keluarkan Edaran Menjelang Aksi Gempa, Ada Apa ? -->
Cari Berita

Mendadak, Rektor IAIN Madura Keluarkan Edaran Menjelang Aksi Gempa, Ada Apa ?

Wednesday, February 10, 2021

 


Jatim Aktual - Pamekasan,
 Satu hari menjelang demonstrasi yang akan dilakukan oleh Mahasiswa, Rektor IAIN Madura keluarkan surat edaran terbaru, Rabu (10/2/21).


Menurut penelusuran wartawan jatimaktual.com, diketahui bahwa beberapa hari sebelumnya, viral poster seruan aksi yang akan dilakukan oleh Gerakan Mahasiswa Penyambung Aspirasi (GEMPA) dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari kamis 11/2/21.


Pasca keluarnya edaran rektor nomor : B-370/In.38/R/PP.00.9/2/2021, tentang ketentuan melakukan aksi di masa pandemi covid-19, yaitu :

1. Dilakukan secara santun dan tertib serta tidak melanggar ketentuan dalam kode etik,

2. Dilakukan di lokasi yang ditentukan, dan tidak di depan Rektorat (apalagi masuk ruangan) atau di tempat lain yang berpotensi menghambat pelayanan,

3. Mematuhi protokol kesehatan 5M sesuai intruksi Mentri Agama no. 01/2021 (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan interaksi, dan menjauhi kerumunan), 

4. Demi ketertiban dan keamanan, kegiatan aksi akan dijaga oleh satpam, Menwa, aparat kepolisian, dan dipantau oleh dewan kehormatan kode etik.


Dari point edaran Rektor tersebut, muncul polemik baru di kalangan mahasiswa, ada anggapan bahwa Rektor ketakutan dengan adanya aksi tersebut. 


Idrus Ali, selaku korlap aksi menuturkan bahwa edaran Rektor muncul setiap kali ada kegiatan demonstrasi kepada kampus.


"Tahun 2018 lalu ada aksi dari mahasiswa, dan sebelum aksi Rektor mengeluarkan edaran, sekarang pun juga demikian, Rektor juga mengeluarkan edaran, kami rasa itu bentuk kekhawatiran atau malah ada rasa ketakutan dari Rektor" ujar Idrus Ali, Mahasiswa Fakuktas Tarbiyah tersebut.


Untuk sementara waktu Rektor IAIN Madura masih belum dikonfirmasi. (Vicky)