Soal Dana BOS, 10 Demonstran Tuntut Kadisdik Pamekasan Segera Bertindak Tegas -->
Cari Berita

Soal Dana BOS, 10 Demonstran Tuntut Kadisdik Pamekasan Segera Bertindak Tegas

Thursday, January 21, 2021


Jatim Aktual - Pamekasan,
Forum Kajian Mahasiswa dan Pemuda Pamekasan (FKMPP) melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Kamis (21/1/2021).


Aksi yang dilakukan FKMPP ini, berdasar beberapa temuan mereka yang menduga kuat terdapat  penyimpangan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di lingkungan sekolah tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Pamekasan sejak tahun 2018-2020.


Demonstrasi yang dikomandoi Umar Faruq itu, menuntut dua hal yaitu; meminta Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pamekasan mengganti pengawas mulai dari jenjang PAUD, SD dan SMP.


Selain itu, meminta segera melakukan audit dan turun ke bawah bersama Inspektorat untuk mengkroscek langsung tentang ketersediaan buku dan SPJ tahun 2018-2020.


"Kami minta agar ada langkah hukum apa bila ada indikasi di bawah terhadap beberapa persoalan," teriak korlap aksi, Umar Faruq.


Ia juga mengancam, apa bila dalam kurun waktu 5 hari belum ada evaluasi, maka data hasil investigasi tim FKMPP akan diserahkan kepada penegak hukum.


"Kami tidak main-main, kami akan terus mengusut tuntas terkait adanya dugaan penyalahgunaan dana BOS yang ada di Kabupaten Pemekasan, hingga ke ranah hukum," ancamnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan Akhmad Zaini berjanji akan menindaklanjutinya secepat mungkin. "Dalam bulan ini," ucapnya

Perihal penolakan permohonan massa aksi untuk penandatangan tuntutan, ia menyebut tidak mungkin menandatangani karena berkaitan dengan instansi lain, yakni Inspektorat dan sebagainya.


Selain itu, surat tuntutan yang disodorkan untuk untuk ditanda tangani Kadisdik Akhmad Zaini kop suratnya milik FKMPP. (Vicky)