Gandeng Anggota DPRD Fraksi Golkar, PSSB khitan Gratis 50 Anak di Tlanakan Pamekasan -->
Cari Berita

Gandeng Anggota DPRD Fraksi Golkar, PSSB khitan Gratis 50 Anak di Tlanakan Pamekasan

Saturday, December 19, 2020


PAMEKASAN,-
Yayasan Pamekasan Sehat Bersih Barokah (PSBB) sukses melakukan khitan gratis terhadap 20 anak di desa Branta, kecamatan Tlanakan Pamekasan. Sabtu, (19/12/2020).


Pelaksanaan khitan massal gratis tersebut kerjasama dengan anggota DPRD Pamekasan Alfian Rhomadani dan didukung penuh Jurnalis Center Pamekasan (JCP).


Ketua Yayasan Pamekasan Sehat Bersih Barokah (PSBB) Jamaluddin Syan mengatakan, kegiatan khitan gratis merupakan program utama yang terus bergerak untuk anak-anak. Utamanya anak desa.


Dalam khitan ini dilakukan langsung oleh beberapa tim medis atau tenaga kesehatan yang sudah teruji dan pengalaman di bidangnya.


"Khitanan ini sebagai gerakan sosial untuk mengurangi beban ekonomi yang hendak mengkhitan," katanya kepada sejumlah media.


Pria yang akrab disapa Ra Jamal ini menambahkan, kegiatan khitan gratis dilakukan untuk membantu meringankan masyarakat Pamekasan yang tidak mempunyai biaya untuk khitan anaknya.


"Khitan merupakan kewajiban orang tua. Tetapi bagi keluarga tidak mampu kami bantu khitan dan memberikan obatnya," ujarnya.


Kondisi lain yang menggerakkan ia untuk melakukan gerakan khitan gratis, karena keberadaan anak yatim yang tidak mempunyai seorang bapak dan keterbatasan biaya. Sebab, untuk khitan orang tua membutuhkan uang sekitar 300-500 ribu.


"Semoga gerakan khitan ini bisa membantu masyarakat Pamekasan dan menjadi amal ibadah untuk kita semua yang ikut serta," tandasnya.


Sementara itu, Alfian Rhomadani mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian penting yang dilakukan oleh PSBB untuk lebih dekat dan bermanfaat terhadap masyarakat.


"Alhamdulillah. Ada 50 anak yang sudah mengikuti khitan. Aslinya banyak tetapi kami batasi. Semoga beberapa bulan depan bisa melaksanakan kembali," pungkasnya.(*)