Ormas Gercin Beraudensi dengan Koordinator Staf Ahli KSAD TNI dan Inspektur Jenderal, Bangun Sinergitas Bersama -->
Cari Berita

Ormas Gercin Beraudensi dengan Koordinator Staf Ahli KSAD TNI dan Inspektur Jenderal, Bangun Sinergitas Bersama

Friday, November 6, 2020


Jatimaktual.com, Jakarta - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPN Gercin) Hendrik Yance Udam bersama Sekretaris Jenderal H. Teddy Surya, SH melakukan audensi dengan Koordinator Staf Ahli KSAD TNI (Kepala Staf Angkatan Darat Tentara Nasional Indonesia) Letnan Jenderal TNI Ali Hamdan Bogra, S.IP. Pimpinan Gercin ini diterima di ruang kerjanya di MabesTNI AD Jl. Veteran Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.


"Pertemuan audensi ini dalam rangka membagun sinergitas kerja sama antara Gercin dan TNI. Terutama untuk memperkokoh nasionalisme anak Bangsa dalam mencintai Indonesia," kata HYU sapaan akrab Hendrik Yance Udam saat ditemui, Jumat (06/11/2020).


HYU mengatakan bahwa, TNI adalah kekuatan Bangsa yang lahir dari rakyat berjuang bersama rakyat. Serta berada di garis paling terdepan untuk menjaga kedaulatan NKRI dari ganguan keamanan dalam dan luar Negeri.


"Oleh sebab itu organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Indonesia termasuk Gercin harus bisa bergandengan tangan dengan TNI dalam menjaga NKRI yang adalah rumah besar kita bersama ,” kata HYU Tokoh Nasional Asal Papua Ini.


Katanya, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terlalu luas untuk di jaga oleh TNI dan Polri serta pemerintah. Untuk itu menurut HYU, perlu kerja sama yang baik dengan semua seteakholder komponen kekuatan sipil rakyat Indonesia bersama dengan TNI dan Polri dan pemerintah untuk menjaga dan merawat NKRI bersama-sama.


Pada kesempatan tersebut HYU juga melaporkan kepada Koordintor Staf Ahli KSAD TNI Letjen TNI Ali Hamdan Bogra S.IP., tentang konsolidasi organisasi Gercin di seluruh Indonesia. Termasuk kegiatan Peringatan Nasional HUT Sumpah pemuda ke 92 yang dilaksanakan di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat, dimana kegiatan itu berjalan lancar dan dilaksanakan secara sederhana di tengah Pendami Covid 19.


Selain itu HYU melaporkan, persiapan pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Gercin Kabupaten dan Kota se-Provinsi Papua Barat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat dan Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten kota Se –Provinsi Papua yang akan dilaksanakan di Jayapura Provinsi Papua.


*Kami akan mengundang pihak-pihak terkait Pemerintah, TNI dan Polri pada acara tersebut. Mengenai hari dan tanggal akan di sesuaikan," terang HYU sang mutiara Hitam dari timur ini.


Sementara itu Koordinator Staf Ahli KSAD TNI Letjend TNI Ali Hamdan Bogra S.IP memberikan apresiasi terhadap Gercin yang sudah terbentuk di seluruh Indonesia. Dimana Gercin aktif  mengkampayekan semangat nasionalisme sesama anak bangsa dan memperkokoh keutuhan NKRI dari perpecahan,


"Kami sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan moral kepada Gercin untuk terus menjaga keutuhan NKRI dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan menjaga NKRI," puji Jenderal Bintang Tiga Putra asli Papua ini penuh optimis.


Di hari yang sama HYU juga melakukan, audensi dengan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementrian Pertahanan Republik Indonesia Letnan Jenderal Ida Bagus Purwalaksana, dalam rangka membangun kemitraan strategis memperkokoh nasionalisme masyarakat Indonesia dari sabang sampai merauke.


Jenderal Bintang Tiga asal Pulau Dewata Provinsi Bali ini memberikan apresiasi kepada putra asli papua HYU yang menjadi pimpinan salah satu ormas terbesar di Indonesia yang itu Gerakan Rakyat Cinta Indonesia.


“Untuk menjadi pemimpin ormas tingkat nasional hal itu bukan hal yang mudah, namun kalau HYU bisa memimpin ormas tersebut itu berarti HYU memiliki jiwa leadership yang kuat dan nasionalisme intelengensi yang tinggi. Terutama dalam membangun semangat leadership di melalui ormas Gercin di seluruh Indonesia," ungkapnya penuh optimis.


Jenderal Bintang tiga ini berharap, agar Ormas Gercin dapat menjadi mitra strategis Pemerintah TNI dan Polri untuk terus mengkampanyekan kedamaian di bumi nusantara dan melawan semangat ekstrimisme, intoleran, berita hoax, terorisme dan saparatis di Indonesia.


"Saya berharap Gercin bisa menjadi organisasi yang dapat menyiapkan pemimpin masa depan Indonesia yang nasionalis," harap Ida Bagus sapaan akrabnya.


HYU mengucapkan, terima kasih banyak kepada Letjend TNI Ida Bagus Purwalaksana yang sudah menyiapkan waktunya, untuk bisa menerima audiesi Dpn Gercin guna bertukar pikiran tentang persoalan kebangsaan yang ada di Indonesia.


"Kami Ormas Gercin berharap agar supaya komunikasi dan hubungan yang sudah terjalin dengan Letjend TNI Ida Bagus Purwalaksana tidak terputus sebatas audiensi saja. Namun tetap berlanjut membangun komunikasi sesama anak Bangsa untuk menjaga dan merawat NKRI yang hebat ini," pungkas HYU. (red)


Penulis: RB. Syafrudin Budiman SIP