Kasus Penilapan Dana Hadiah Lomba Batik, Keterangan Mantan Sekda Malang Dibantah Ketua Panitia -->
Cari Berita

Kasus Penilapan Dana Hadiah Lomba Batik, Keterangan Mantan Sekda Malang Dibantah Ketua Panitia

Thursday, November 5, 2020

 


(05/11/20) Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang Didik Budi Mulyono, dikabarkan sempat dipanggil Satuan Reserse dan Kriminal (Sat-Reskrim) Polres Malang, untuk dimintai keterangan.


Pemanggilan Mantan Sekda Pemkab Malang tersebut, dilakukan pihak Polres Malang untuk meminta keterangan tentang kasus molornya pemberian uang hadiah lomba batik dalam peringatan Hari Jadi Kebupaten Malang ke-1258 di tahun 2018 lalu


Berdasarkan informasi yang diperoleh, Didik Budi Mulyono, mendatangi Sat-Reskrim Polres Malang pada Rabu (30/10/2019) yang lalu untuk diperiksa, dalam kelanjutan kasus lomba batik tersebut.


Pemanggilan dan pemeriksaan Mantan Sekda Pemkab Malang, Didik Budi Mulyono tersebut, dilakukan setelah pihak Polres Malang memanggil Ketua panitia hari jadi Kabupaten Malang ke-1258 yang digelar pada tahun 2018 silam, Nur Cahyo. Waktu itu, Nur Cahyo menjabat sebagai Kapala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang.


Dalam kegiatan hari jadi pada waktu kala itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang menggelar lomba batik, namun untuk hadiahnya baru diserahkan pada Hari Batik Nasional


Sementara itu, Kepala Sat-Reskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rohutomo, ketika dikonfirmasi awak media, masih belum bisa menjelaskan secara detail tentang progres pemeriksaan kasus lomba batik yang menyeret Mantan Sekda Pemkab Malang tersebut.


“Masih proses mas,” tegasnya singkat saat dihubungi melalui WhatsApp.


Dalam pemberitaan sebelumnya, pihak Polres Malang dipastikan akan memanggil penerima hadiah lomba batik dalam peringatan hari jadi Kabupaten Malang ke-1258 yang digelar pada tahun 2018 silam, setelah itu akan panggil Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Malang, Didik Budi Muljono.


Pemanggilan tersebut, dilakukan untuk pengumpulan keterangan (Pulbaket) dan pengumpulan data (Puldata) tentang keterlambatan pemberian hadiah lomba batik tersebut. 


Menang Tapi tak dapat hadiah, kemana uang hadiah tersebut mengalir ? 


Hingga saat ini Mantan Sekda Pemkab Malang belum juga memberi penjelasan kemana uang tersebut dialirkan. Sempat terjadi perdebatan antara dana tersebut digunakan untuk menambal dana konsumsi ada pula yang membantah dana tersebut masuk ke kas keamanan.