Penjara Melebihi Kapasitas, 14 Napi Lapas Pamekasan Dipindah ke Lapas Karanganyar Nusakambangan -->
Cari Berita

Penjara Melebihi Kapasitas, 14 Napi Lapas Pamekasan Dipindah ke Lapas Karanganyar Nusakambangan

Wednesday, October 14, 2020

PAMEKASAN,- Sebanyak 14 narapidana kelas kakap yang ditahan di Lapas Kelas IIA Pamekasan, Madura dipindah ke Lapas Karanganyar, Nusakambangan, Senin (12/10/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Puluhan napi tersebut dibawa menggunakan Bus Transportasi Pemasyarakatan milik Lapas Karang Anyar, Nusakambangan. Sedangkan saat hendak dibawa masuk ke dalam mobil bus tersebut, tangan para napi ini tampak dikerangkeng dengan besi. 

Serta, saat para napi sudah duduk di dalam kursi bus, tangannya di handel di kursi bus dalam keadaan tangan terikat.

Kepala Lapas Pamekasan, M Hanafi membenarkan adanya pemindahan tahanan tersebut. 

Ia menuturkan, puluhan napi itu dipindahkan karena kapasitas sel di Lapas Pamekasan sudah melebihi standarisasi kapasitas tahanan. 

Dijelaskannya, tahanan Lapas Pamekasan yang dipindah ke Lapas Karang Anyar, Nusakambangan itu sebanyak 14 orang dengan masa hukuman di atas 10 tahun. Ke 14 tahanan ini merupakan napi yang menjadi Bandar Narkoba. 

 "Dari 14 napi tersebut ada napi yang dari Malaysia terpidana kasus obat terlarang yaitu kasus narkotika Internasional," kata Hanafi, Rabu (14/10/2020). 

Hanafi memprediksi, gelombang pemindahan kemungkinan masih akan terjadi ke depannya. Sehingga, pihaknya akan saling berkoordinasi untuk memperketat sistem penjagaan di Lapas Pamekasan.