Disdik Izinkan PTM, STuPa Agendakan PBBS -->
Cari Berita

Disdik Izinkan PTM, STuPa Agendakan PBBS

Friday, October 30, 2020


Jatim Aktual. Pamekasan. Pasca diperbelakukannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan sejak pertengahan Oktober 2020,  SMP Negeri 1 Pakong (STuPa) mengagendakan beberapa lomba offline yang dikemas dalam Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra (PBBS).

Ketua Panitia PBBS STuPa, Sufiatun, S.Ag. menegaskan kegiatan PBBS sesuai dengan momentum Sumpah Pemuda yang didalamnya identik dengan bulan bahasa. Menurutnya, tujuan utama kegiatan tersebut adalah mengenang semangat para pemuda dalam menyampaikan ide dan aspirasi persatuan dan nasionalisme sebagaimana tertuang dalam naskah Sumpah Pemuda. 

‘’Betapa dulu para pemuda penuh semangat dan berani menyampaikan aspirasi dan ide-ide terbaiknya untuk membangun persatuan dan membangkitkan rasa rasionalisme, padahal mereka berasal dari berbagai suku dengan latar belakang bahasa dan budaya yang beragam,’’tegas Sufiatun yang juga sebagai urusan kesiswaan ini kepada Jatim Aktual.

Oleh karena itu, kata Sufiatun, untuk meneladani semangat para pemuda, agenda PBBS yang akan digelar mulai 18 - 21 November 2020 tersebut akan melibatkan siswa SD/MI dan TK/RA sekabupaten Pamekasan wilayah utara (Pantura). 

‘’Beberapa agenda lomba yang akan kami laksanakan, antara lain lomba baca puisi, baca cerpen, dan nasyid islami untuk jenjang SD/MI. Sedangkan untuk jenjang TK/RA, kami gelar lomba mewarnai.  Selain mengasah talenta peserta didik pada jenjang pendidikan paling dasar, kami ingin melatih keberanian dan semangat mereka supaya siap menjadi calon-calon pemimpin masa depan,’’ungkapnya.


Terpisah Kepala SMP Negeri 1 Pakong, Abd. Basid Muslim, menegaskan bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan yang sudah memberikan izin kepada lembaga-lembaga pendidikan yang ada di wilayah Kabupaten Pamekasan untuk melaksanakan PTM dengan tetap memperhatikan prokes covid-19. 

"Alhamdulillah, seiring dengan diberlakukannya PTM, kami ada kesempatan untuk menggali potensi peserta didik pada jenjang SD/MI dan TK/RA dalam bentuk lomba offline. Kami memang sangat ingin melaksanakan berbagai lomba ke depan, karena agenda-agenda semacam itu menjadi harapan dari para kepala SD saat kami serap aspirasi.  Tentu kami juga akan ketat dan patuh dengan prokes covid-19 saat pelaksanaan,’’jelasnya sembari menambahkan mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan akan mendongkrak perolehan siswa pada PPDB tahun pelajaran yang akan datang. (cong muslim)