PESANTREN AL-MAHMUDIYAH GELAR 10 MUHARRAM DAN SANTUNAN ANAK YATIM -->
Cari Berita

PESANTREN AL-MAHMUDIYAH GELAR 10 MUHARRAM DAN SANTUNAN ANAK YATIM

Saturday, August 29, 2020


Jatimaktual.com, Sampang - Sabtu, 29 Agustus 2020. Pesantren al-Mahmudiyah menggelar santunan anak yatim pada tanggal 10 Muharram. Muharram merupakan salah satu bulan yang diagungkan oleh Allah dalam al-Qur’an selain bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab. Bulan ini umat Islam dianjurkan untuk memperserat silaturahmi, bersedakah, menjenguk orang sakit, sowan kepada ulama dan yang spesial mengusap kepala anak yatim karena sehelai rambutnya banyak banyak kebaikan yang dilipat gandakan oleh Allah.

Pesantren al-Mahmudiyah terletak di Desa Tanggumong Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur.  Nama al-Mahmudiyah dinisbatkan kepada pendiri pertama pesantren  yakni KH. Mammud Huzaini dan Ny. H. Juma’ati Irsyad.  

Kegiatan 10 Muharram ini mengangkat tema “Filantropisme Bulan Muharram di Masa Pandemi COVID-19”  dalam Sambutannya Ny. Hj Jumaa’ti Irsyad dalam menuturkan bahwa momen muharram ini mengajarkan indahnya berbagi sesama ukhuwah Islamiyah  kepada khususnya anak yatim, apalagi di masa pandemi seperti ini. 

Acara ini dihadiri oleh Hj Mimin Hariyati Slamet Junaidi selaku istri bupati Sampang, dokter spesiasil kandungan  yakni  Dr. Zaky, S.pog dan bapak Rudy Mantan Selaku mantan Sekda Kabupaten Sampang, 225 anak Yatim dan 1500 jamaah yang tergabung dalam Muslimat dan Fatayat NU dari berbagai daerah di Kabupaten Sampang. 

Acara santunan anak Yatim di bulan Muharram merupakan acara rutinitas tahunan pondok pesantren al-Mahmudiyah, namun acara tahun ini berbeda dengan acara tahun tahun sebelumnya karena bertepatan dengan masa COVID-19 yang belum selesai. Oleh karena itu hadirin yang hadir pada acara ini harus mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker dan hand sanitizer yang sudah disediakapn oleh pesantren di gerbang masuk serta tes suhu setiap jamaah yang masuk.

Hj Mimin Hariyati dalam sambutannya sangat mengapresiasi sekali acara ini karena jamaah yang hadir dalam acara ini mematuhi protokol kesehatan. Acara tersebut berjalan dengan khidmat,dengan dimeriahkan hiburan drumband dan lantunan selawat serta terakhir di tutup dengan acara santunan anak yatim.

Harapan besar dari pengasuh pesantren semoga acara ini istikomah setiap tahun, yang menyumbang makin banyak dan tentunya semua dilandasi oleh ridho dan rahmat Allah.

Penulis:

Nafilah Zulfa (Alumni pondok pesantren al-Mahmudiyah Tanggumong Sampang, Ketua pondok pesantren putri Ziyadatut Taqwa Pamekasan dan Mahasiswi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir IAIN Madura.)