Peringati Hari Kemerdekaan RI, Mahasiswa UMM Berbagi Kepada Masyarakat Ditengah Pandemi -->
Cari Berita

Peringati Hari Kemerdekaan RI, Mahasiswa UMM Berbagi Kepada Masyarakat Ditengah Pandemi

Tuesday, August 25, 2020

Jatimaktual.com, Malang.- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang dibimbing oleh Bapak Rahadi, M.Si, K.Ya. melakukan kegiatan positif ditengah pandemi. Kegiatan tersebut dilakukan melalui program yang dikenal dengan sebutan PMM Bhaktimu Negeri. 

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2020 lalu, mahasiswa ini melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang tanaman herbal yang berkhasiat sebagai obat tradisional. Hal ini dilakukan agar kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan tanaman-tanaman yang ada disekitar mereka yang berkhasiat sebagai obat tradisional. 

Selain itu, mereka juga membagikan masker, handsanitizer, vitamin, dan minuman jamu gratis kepada masyarakat sekitaran wilayah Kelurahan Bareng, Malang. Kegiatan ini dilaksanakan setiap minggu, mulai tanggal 10 Agustus 2020 hingga akhir Agustus nanti. 

Mereka melakukan kegiatan ini untuk menunjang kesehatan masyarakat yang berkegiatan diluar rumah. Mengingat pandemi belum juga berakhir, mahasiswa ini berharap masyarakat merasa senang dengan bentuk perhatian yang mereka berikan.  

Jika masyarakat paham terkait penggunaan tanaman-tanaman yang berkhasiat sebagai obat tradisional maka hal ini dapat mengurangi paparan dari Covid-19 yang ada diluar, karena masyarakat tidak harus datang ke Fasilitas Layanan Kesehatan yang mungkin saja paparan nya lebih besar untuk mengobati penyakit yang bukan gejala covid dan masih bisa untuk ditangani sendiri. 

Sosialisasi penggunaan tanaman-tanaman herbal sebagai obat tradisional juga gencar mereka lakukan saat ini guna melestarikan kebiasaan orang tua jaman dahulu dalam meramu minuman herbal untuk menjaga kesehatan.