Menghadapi Era New Normal, Mahasiswa UMM Berikan Edukasi Melalui Poster -->
Cari Berita

Menghadapi Era New Normal, Mahasiswa UMM Berikan Edukasi Melalui Poster

Tuesday, August 25, 2020

Lamongan - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PPM) Bhaktimu Negeri Kelompok 27 melaksanakan pemasangan poster tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) menuju New Normal di beberapa tempat di Desa Ketapangtelu, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan.


Kegiatan tersebut dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Uun Zulfiana, M. Psi.


Kegiatan pemasangan poster tersebut merupakan salah satu program kerja PMM Kelompok 27 sebagai upaya mengedukasi kepada warga mengenai adaptasi kebiasaan baru di tengah Pandemi Covid-19 dengan penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Dibukanya sektor perekonomian oleh pemerintah membuat pekerja diharuskan masuk kerja sehingga resiko terjadinya penularan virus Covid-19 akan tinggi. Oleh sebab itu, mahasiswa memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan penyebaran virus Corona melalui media poster.


Koordinator PMM Kelompok 27 di desa Ketapangtelu, Yasmine Muntaza mengatakan, bahwa pemasangan poster di berbagai tempat dapat memberikan informasi kepada warga dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.


"Jika kita semua melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, kita akan mentaati aturan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah sehingga kita semua dapat lebih mudah menuju adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi ini,” katanya.


Selain dipasang di rumah warga, pemasangan poster juga ditempatkan pada area warga sering berkerumun, seperti balai desa, warung, masjid, dan Sekolah Dasar sehingga informasi dapat mudah dijangkau oleh warga.


“Poster tersebut menginformasikan serta mengajak warga untuk berperilaku hidup bersih dengan cara mencuci tangan, cara menggunakan masker yang baik, serta menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh, bila tidak ada kepentingan sebaiknya di rumah saja dan juga selalu jaga jarak,” urainya.


Dari kegiatan tersebut diharapkan warga lebih paham untuk mengubah kebiasaan sehari-hari dengan mentaati protokol kesehatan dengan baik sehingga mencegah penyebaran penularan virus dimasa Pandemi Covid-19 dan menuju era new normal.

Penulis: Yasmine Muntaza Rosa