VIRAL : KOPRI PC PMII Jember Ramaikan Hastag #SAHKANRUUPKS di Medsos -->
Cari Berita

VIRAL : KOPRI PC PMII Jember Ramaikan Hastag #SAHKANRUUPKS di Medsos

Thursday, July 2, 2020


(02/07/20) RUU  PKS (Penghapusan Kekerasan Seksual), selain mengatur soal rehabilitasi terhadap korban yang mencakup aspek psikologis, medis serta ekonomi juga mengatur soal hukum acara dalam pemidanaan. Salah satunya keterangan korban bisa dijadikan alat bukti. Urgensi RUU PKS ini ditegaskan oleh Kopri PC PMII Jember dalam caption akun sosial medianya.


Ketua Kopri PC PMII Jember, Rofidatul Hasanah turut angkat bicara mengenai seberapa penting disahkannya RUU PKS ini “Bukan sekedar penanganan pelaku maupun pencegahan tindak kekerasan seksual yang urgent dalam RUU ini, tapi juga penanganan korban. Trauma yang didapat korban setelah mengalami tindak kekerasan seksual tentu tidak main-main . Apalagi yang terjadi korban banyak dinikahkan dengan pelaku.”


Caption dalam akun IG Kopri PC PMII Jember (1/7/2020) juga menjelaskan bagaimana sejarah penyikapan terhadap peraturan ini serta masa depan suramnya “Kendati telah menunjukkan kemajuan pada paripurna terakhir DPR 2014-2019, RUU PKS tidak masuk dalam RUU carry over. Artinya, pembahasan perlu diulang oleh DPR periode selanjutnya. Masa depan peraturan ini makin suram ketika Wakil Ketua Komisi VIII DPR (Marwan Dasopang) mengirim surat kepada Badan Legislasi (Baleg) DPR agar RUU PKS dikeluarkan dari daftar Prolegnas Prioritas 2020 sehingga pembahasannya tahun ini akan disetop.”


Paragraf terakhir pada caption tersebut, Kopri PC PMII Jember mengajak seluruh elemen untuk ikut memasifkan gerakan di sosial media dengan mengganti Display Picture (DP) akun sosial media dan mengupload postingan dengan tagar #SAHKANRUUPKS serta tag akun sosial media DPR RI. (DP dan Postingan yang dimaksud seperti Poster yang diupload di akun IG Kopri).


Ajakan yang diserukan dalam akun sosial media Kopri Jember tersebut senada dengan komitmen Kopri PC PMII Jember dalam mengawal RUU PKS “Untuk semebtara ini, Kopri PC PMII Jember akan memasifkan gerakan di sosial media sembari terus berkomunikasi pada pihak-pihak yang juga ikut mengawal.” Terang Sahabati Rofi dalam kesempatan wawancara online.