Relawan Letho Papua Juga Didukung Hendrik Yance Udam Masuk Kabinet Jokowi, Sebagai Wakil Orang Papua -->
Cari Berita

Relawan Letho Papua Juga Didukung Hendrik Yance Udam Masuk Kabinet Jokowi, Sebagai Wakil Orang Papua

Thursday, July 23, 2020

Jatimaktual.com, Jayapura – Saharudin Ketua Relawan Loyalis Erick Thohir (Letho) for Jokowi-Ma’ruf Amin Provinsi Papua memberikan dukungan kepada Hendrik Yance Udam (HYU) menjadi menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, HYU adalah salah satu Tokoh Muda Indonesia asal Tanah Papua yang sudah kaya akan Pengalaman dan kemampuan organisasinya sudah tidak di ragukan lagi.

“Sudah sepantasnya kader terbaik dari Papua dan mewakili kawasan Indonesia Timur bisa masuk jajaran kabinet Jokowi. Bung HYU adalah orang yang layak dan memiliki dedikasi sebagai menteri atau staf khusus Presiden bidang percepatan pembangunan daerah kawasan Indonesia Timur,” tegas Saharudin yang juga Ketua Serikat Buruh papua ini, saat dihubungi Senin (20/07/2020).

Ia juga menjelaskan bahwa, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Gercin) saya kenal sejak kecil dari dataran wilayah Grime –Nawa Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Katanya, HYU memiliki karakter perjuangan yang terproses secara alami mulai dari bawah dan di dukung oleh latar belakang Keluarga yang benar-benar sangat mencintai Indonesia.

“HYU adalah anak dari mantan Sekretaris Daerah Kota Jayapura yaitu Bapak Drs Jesaya Udam yang sudah mengabdi bagi Nusa dan Bangsa sebagai PNS secara paripurna dengan Jabatan akhir sebagai Sekretaris Daerah Kota Jayapura. Loyalitasnya kepada negara sudah barang tentu tidak bisa diragukan lagi. Saya sebagai anggota DPRD Kabupaten Jayapura 2 Periode, yang telah ikut berjuang bersama HYU memenangkan Bapak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia mulai dari tahun 2014-2019 berpasangan dengan bapak Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dan 2019-2024 (Jokowi-MA),” jabarnya.

Ditambahkan Saharudin sebagai Ketua Serikat Buruh Indonesia Provinsi Papua dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Relawan Letho for Jokowi-MA, dirinya juga sebagai Kader Partai Nasdem besutan Bapak Surya Paloh yang mengusung restorasi Indonesia dengan Gerakan Perubahan.Dimana menjadi garda terdepan menggerakkan akar rumput, berkomitmen terus mengawal dan mendukung pemerintan Presiden Joko Widodo.

“Sebagai loyalis Presiden Jokowi di tanah Papua tentulah ikut bertanggungjawab secara politik dan moral kepada Rakyat dan Tanah Papua dalam bingkai NKRI. Kesungguhan Presiden Joko Widodo melakukan pemerataan pembangunan Indonesia dan berkomitmen serius membangun Papua dari periode pertama tentulah membutuhkan pengawalan dari rakyat Papua terutama di level nasional,” gamblangnya.

Selanjutnya katanya, untuk itu tidaklah berlebihan jika hari ini, jika dirinya mewakili pejuang akar rumput di Tanah Papua dan indonesia Timur memberikan dukungan kepada saudara HYU. Supaya dapat di akomodir masuk dalam jajaran Kabinet Pmerintahan Jokowi Jilid II sebagai salah satu menteri atau staf khusus Presiden yang membindangi percepatan pembangunan di kawsan timur Indonesia .

“Dukungan ini tentulah memiliki dasar yang kuat, dimana HYU sebagai tokoh muda simbol nasionalisme Indonesia di bumi cenderawasih dan Indonesia Timur. HYU sangat menguasai permasalahan pembangunan papua dari hulu sampai hilir,dari pantai sampai ke gunung di tuju wilayah adat Papua,” tandasnya.

Terakhir kata Sarahudin, HYU juga dapat di terima seluruh lapisan masyarakat baik masyarakat OAP maupun masyarakat papua nusantara. Sehingga lanjutnya, akan lebih mudah pemerintah mengakses pembangunan yang merata tanpa banyak menghadapi tantangan dari masyarakat bawah

“Saya berharap Presiden Jokowi dapat mempertimbangkan ini sebagai bagian dari aspirasi masyarakat dari Tanah Papua,” pungkasnya. (red)