Pondok Pesantren Al-Amien Parenduan, Menjadi Role Model Pesantren Tangguh COVID-19 -->
Cari Berita

Pondok Pesantren Al-Amien Parenduan, Menjadi Role Model Pesantren Tangguh COVID-19

Monday, June 15, 2020

Jatim Aktual - Sumenep, Pondok Pesantren Al-Amien Parenduan, Kabupaten Sumenep, menjadi contoh pasantren tangguh COVID-19 di Madura. Senin, 15/6/20.

Sejumlah santri yang kembali ke Pondok Pesantren Al-Amien, diharuskan menggunakan protokol COVID-19 yang diberlakukan Pesantren, pihak Pesantren benar-benar memastikan santri yang kembali ke Pesantren dalam kondisi sehat.

Dari pantaun Jatim Aktual, sejumlah santri yang  kembali  kepesantren diharuskan menggunakan masker, mencuci tangan, dan dicek suhu tubuhnya oleh pihak pesantren. Jika nantinya,  ada santri yang mulai panas, flu atau gejala lain seperti pengidap COVID-19, maka pihak pesantren akan mengisolasi atau bahkan akan dipulangkan untuk mendapatkan perawatan medis.

Role model ini kami lakukan sebagai upaya pencegahan COVID-19 dan kami tahu Pesantren merupakan tempat yang mempunyai kekuatan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Percontohan Pesantren ini dalam upaya agar Pesantren mempersiapkan diri dalam hal penanganan COVID-19 termasuk bagaimana nanti mempersiapkan kedatangan santri, serta bagaimna menangani santri ketika santri sudah di pesantren.

Pihak Pesantren berharap dengan kegiatan kita ini bisa menjadi rujukan Pesantren-Pesantren yang ada di Kabupaten Sumenep, khususnya dan Pesantren lain pada umumnya.

Sementara menurut salah satu alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Pondok Pesantren Al-Amien (IKBAL) beberapa daerah ikut mengkoordiner proses kembalinya santri menuju pondok pesantren.

“Untuk jadwal IKBAL Daerah Pamekasan pada tanggal 23-24 Juni 2020, serta melibatkan satgas Covid-19 Pamekasan” Tutur Munhari Bariel.