Maskipun Satu Orang di Positif Corona, Bupati Pamekasan Tetap Imbau Masyarakat Agar Tenang -->
Cari Berita

Maskipun Satu Orang di Positif Corona, Bupati Pamekasan Tetap Imbau Masyarakat Agar Tenang

Monday, March 30, 2020

JATIMAKTUAL.COM, PAMEKASAN,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan merilis data terbaru sebaran virus corona atau Covid-19, Minggu (29/03/2020) malam. 

Satu orang di Pamekasan terkonfimasi positif terinfeksi Covid-19 setelah hasil pemeriksaan keluar dari Balitbangkes di Jakarta.

Adapun pasien yang dinyatakan positif tersebut merupakan pasien anak brumur 11 tahun yang telah meninggal dunia pada Jumaat (20/03/2020) pukul 12.31 WIB. setelah sebelumnya dinyatakan PDP dan sempat dirawat di RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam yang didampingi oleh jajaran Forkopimda membenarkan bahwa bahwa 1 warga di Pamekasan dinyatakan positif Corona (Covid-19). 

Sebelumnya, Lanjut Dia, pasien berstatus PDP tersebut dinyatakan negatif oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya. Namun, dari data terbaru yang diterima pasien tersebut dipastikan positif dan sebelumnya mempunyai riwayat pulang dari Kota Malang 

“Laboratorium Balitbangkes Jakarta menyatakan bahwa pasien yang masuk ke rumah sakit pada Kamis tanggal 19 Maret dinyatakan positif," tutur Badrut.

Ia melanjutkan, untuk mengantisipasi penyebaran semakin luas dari pasien yang telah meninggal tersebut pemerintah serta Satgas Covid-19 Pamekasan telah memeperlakukan sesuai dengan SOP, mulai dari Penanganan dan pemakamannya.

“Seluruh dokter dan perawat yang menangani pasien PDP yang meninggal dikarantina 14 hari dan sampai hari ini tidak ada keluhan apapun," ucapnya.

“Adapun Langkah-langkah yang akan dilakukan oleh tim Satgas berikutnya yaitu akan melakukan rapid test terhadap orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien yang dinyatakan positif kemudian, melakukan trakcing dan menyampaikan informasi dari daerah asal," imbuhnya.

Selain itu, Baddrut Tamam mengimbau masyarakat Kabupaten Pamekasan tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi wabah corona ini. 

“Demi keselamatan kita semua, kami berharap masyarakat Pamekasan untuk mengikuti arahan Pemerintah serta maklumat dari Kapolri yang telah disebarkan," tukasnya.

Untuk diketahui, Informasi hasil laboratorium dari Balitbangkes Jakarta itu, keluar hari ini sekitar pukul 17.00 WIB. 

Sohebullah. 
siberindonesia.id