Masifkan Advokasi Isu Perempuan dan Anak, Kopri PC PMII Jember memilih Bersinergi dan Berkolaborasi. -->
Cari Berita

Masifkan Advokasi Isu Perempuan dan Anak, Kopri PC PMII Jember memilih Bersinergi dan Berkolaborasi.

Monday, March 9, 2020


Jatimaktual.com, Jember, 08 Maret 2020 Kopri PC PMII Jember bekerja sama dengan Komunitas Perempuan Rumah Teduh dan LBH Jentera memperingati Hari Perempuan Internasional dengan membuka ruang dialektika perempuan dalam berbagai sektor, Ekonomi, Pendidikan, Politik, Kesehatan dan Sosial Budaya. Kegiatan yang diikuti oleh Kader PMII Jember, Anggota Rumah Teduh dan LBH Jentera tersebut dilaksanakan di Alun-Alun Jember dengan mengusung tema *Hak Perempuan sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia*. Usai berdialektika para peserta melakukan long march seraya orasi menyampaikan Hak-Hak Perempuan yang hari ini perlu disadari dan diperjuangkan bersama.

Sahabati Maslahah menyampaikan alasan Kopri PC PMII Jember memilih bersinergi dalam memperingati International Woman's Day "Rumah Teduh dan LBH Jentera adalah komunitas dan lembaga bantuan hukum yang dipandang memiliki cita-cita dan tujuan yang sama dengan Kopri PC PMII Jember, yaitu mengawal isu-isu perempuan dan anak di grass root"

"Semakin banyak kita berkolaborasi dengan lembaga yang juga konsen mengawal isu-isu perempuan maka pergerakan pengawalan ini akan semakin masif dan merata" Imbuh Sahabati Qonita.

Sekretaris bidang II Kopri tersebut juga menyampaikan harapan dari terealisasinya kegiatan ini "Semoga dengan adanya kegiatan ini Hak Asasi Perempuan bisa semakin terealisasi karena yg terpenting dari perempuan sendiri ia bisa percaya diri, berani tampil didepan dan berani menyuarakan hak-hak Perempuan"

"Keterlibatan dan peran perempuan dalam beberapa sektor sudah cukup masif, akan tetapi masih banyak perempuan diluar sana yang masih belum mendapatkan haknya secara utuh. Harapannya dengan adanya kegiatan ini para perempuan yang telah memiliki kesadaran akan hal itu akan terus bergerak untuk menyuarakan dan memperjuangkan hak perempuan secara utuh. Karena berbicara hak perempuan kita berbicara hak asasi manusia dan nilai kemanusiaan" Ujar Sahabati Maslahah menyoal tujuan terselengaranya kegiatan ini.

Sedang sahabari Rofi selaku Ketua Kopri PC PMII Jember mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya ceremonial tetapi bagian dari perlawanan yang harus terus digaungkan "Hari Perempuan Internasional (IWD) adalah bagian dari perlawanan yang harus terus digaungkan, bukan sekedar seremonial belaka. Karena bicara kader putri tentu literasi-literasi mengenai gerakan perempuan harus menjadi amunisi yang wajib dikantongi. Momentum seperti ini juga menjadi cermin yang merefleksikan sudah sejauh mana kader putri paham narasi gerakan perempuan, apakah masih stagnan, apakah sudah jauh mengalami perubahan yang signifikan, atau malah stagnan."

Perempuan kelahiran Umbulsari ini juga menyampaikan harapannya untuk kader putri PMII Jember atas terselenggaranya kegiatan ini "Momen perempuan di dunia ini juga sebagai penguat bagi kader putri bahwa prosesnya di PMII dalam hal-hal perjuangan nilai kemanusiaan tidak dilalui sendiri tapi juga tengah dirasakan oleh seluruh perempuan dalam platform2 gerakannya masing2. Yang harus dilakukan adalah bergandengan tangan, menguatkan dan berkolaborasi."