Cegah Penularan Covid19, Ini Saran Dari Mantan Direktur Departemen Kesehatan KEMENKES RI
Cari Berita

Cegah Penularan Covid19, Ini Saran Dari Mantan Direktur Departemen Kesehatan KEMENKES RI

Rumah Inspiratif
Friday, March 20, 2020

Jatim Aktual - Pamekasan, Beredar virus corona yang saat ini meresahkan masyarakat, khususnya Indonesia. Kini mantan Direktur Departemen Kesehatan (Kemenkes) Dr. Susilo, menyebutkan jika dengan selalu melakukan kegiatan di daerah pantai, dengan cara menghirup atau mandi di laut, bisa menjadikan tubuh menjadi kuat dari serangan penyakit, dan bisa menjadi salah satu penangkal serangan virus, dan menurutnya virus Covid-19 termausk salah satunya. Jum'at, 20/3/20

Dr. Susilo, sendiri sudah melakukannya dengan mulai tinggal dan beraktifitas di wilayah dekat pantai di Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten sejak tahun 1996.

Pernyataan secara medis dari Dr. Susilo, ini berdasarkan dari sifat dan kandungan yang ada diudara dan air laut berupa unsur kimia, seperti fosfor, belerang, yodium, natrium klorida, dan lainnya yang bisa membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Karena kadar seratonim menjadi seimbang, selain itu juga mengandung Ion negatif, yang bagus untuk menyerap oksigen yang langsung diserap oleh paru-paru. Dan tentu saja sangat berguna untuk mencobanya, karena serangan utama covid-19 di paru-paru.

“Ada benarnya juga, karena warga di Tanjung Lesung selama ini bisa dikatakan jarang mendengar ada warga yang menderita cukup parah karena penyakit,” ujar Rahmat salah satu warga Tanjung Lesung yang diwawancarai.

Bahkan Rahmat mengatakan hingga saat ini, berita tentang adanya virus Corona yang mematikan, oleh sebagian besar warga Tanjung Lesung, hanya menjadi pembicaraan, karena hebohnya sosial media terkait dengan perilaku masyarakat akibat informasi yang beredar di sosial media.

“Mungkin sebaiknya warga kota yang memiliki kesempatan, agar segera datang dan bisa melakukan terapi udara dan air laut, siapa tahu dengan terapi ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan mungkin mampu mencegah terserang corona,” ujarnya, sambil menambahkan jika sebelum warga mengenal pengobatan medis, warga yang terkena luka atau sejenisnya, biasanya langsung berendam ke air laut, selain mempercepat kesembuhan, juga menjaga agar tidak sampai terkena infeksi.

Rahmat menyebutkan jika warga dari Jakarta ingin ke tanjung lesung tidak perlu khawatir, banyak penginapan dan tempat tinggal yang bisa dipilih. 

“kalau datangnya berkelompok, sebaiknya bisa langsung ke lokasi Tanjung Lesung Beach Hotel and Ressort, disana tersedia banyak vila di pinggir laut, bahkan bisa bersantai di restoran atau mini bar, yang berada di pinggir pantai, udaranya dan air lautnya bersih,” ujar Rahmat dengan rasa syukur. 

Walaupun pihak pemerintah Provinsi Banten telah mengeluarkan himbauan berupa wilayahnya masuk dalam kategori Kasus Luar Biasa (KLB) untuk wilayah Banten, namun tidak semua wilayah, terutama Kabupaten Pandeglang turut mengalami kondisi penyebaran Covid-19, seperti yang disampaikan Bupati Pandeglang, 

“Tidak benar jika di daerah kami telah ada yang meninggal dunia akibat covid-19 seperti yang beredar di sosial media,” ujar Hajjah Irna Narulita, SE., MM.l  yang dihubungi melalui aplikasi WhatsApp pribadinya. (rdktr)

#nasional #covid19