Banjir Menggenang Jalanan, Warga Tutup Paksa Akses ke IAIN Jember -->
Cari Berita

Banjir Menggenang Jalanan, Warga Tutup Paksa Akses ke IAIN Jember

Thursday, February 6, 2020


(06/02/20) Jember, Kamis (06/02/20) Setelah hampir 3 jam diguyur hujan deras, akses jalan disekitar kampus IAIN Jember ditutup paksa oleh masyarakat sekitar karena genangan banjir.

Pasalnya, aliran air yang menggenang tepatnya dibarat kampus IAIN Jember sudah mencapai lutut orang dewasa.

Nurul Hidayah atau yang akrab disapa Alunk mengatakan banjir ini sudah bencana dari tahun ke tahun, tapi sekarang ini yang paling parah.

"Banjir seperti ini sudah dari tahun ke tahun, tapi yang paling parah ya sekarang ini" ungkap Ketua PMII Komisariat IAIN Jember itu.

Ia menegaskan "paling tidak pimpinan kampus IAIN Jember harus memperhatikan kejadian seperti ini, karena salah satu faktornya minimnya saluran air ke sungai dan letak IAIN Jember bersinggungan langsung dengan rumah warga" imbuh Alunk.

Menurut penjelasan Alunk, bukan hanya minimnya saluran air, tapi kemiringan lahan antara tanah dan jalan raya juga menjadi faktor air menggenang.
Disisi lain aliran air bukan hanya menggenang di jalan raya, melainkan juga masuk kerumah warga karena ketinggian jalan raya lebih tinggi daripada rumah-rumah warga.

Alunk menyayangkan jika kampus hanya memprioritaskan pembangunan gedung namun mengabaikan dampak negatif yang dirasakan masyarakat sekitar. Menurutnya pimpinan kampus harus peduli terhadap lingkungan sekitar karena kampus bersinggungan langsung dengan rumah warga.

Hal ini juga mendapat keluhan dari masyarakat sekitar, selain air menggenang rumah mereka, akses jalan juga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. (azz)