ASTI : Sudah Saatnya Generasi Millenial Pimpin Jember
Cari Berita

ASTI : Sudah Saatnya Generasi Millenial Pimpin Jember

Wednesday, February 19, 2020

Jatimaktual.com, Jember- Pilkada serentak 2020 di Jatim semakin dekat, dinamkia politik beberapa daearah yang akan menggelar pesta demokrasi semakin dinamis. Salah satunya Kabupaten Jember.

Di Jember, mendekati Pilkada ini sudah mulai bermunculan tokoh-tokoh yang bersiap maju untuk bertarung dengan  incumben (Bupati Faida) yang saat ini sudah menyatakan akan maju untuk periode kedua.

Baca juga.

Bongkar Mafia Hibah Tunai BIRO AP Prov. Jatim yang mulai dulu sampai saat ini masih terus bergejolak. Bahkan Oknum Mafia ini Rupanya bukan hanya dari unsur Non ASN tetapi juga Salah satu Pemangku Kebijakan di Biro AP yang diduga terlibat dalam lingkaran Mafia tersebut. Sehingga bantuan Hibah Tunai itu terindikasi menjadi Banjakan. 

Dinamika politik ini mendapat perhatian dari pengamat dari Akurat Surve Terukur Indonesia (ASTI) Jawa Timur.  Menurut ASTI Jatim, Jember saat ini membutuhkan energi-energi muda untuk memimpin selama lima tahun kedepan.

" Kita mencermati dinamikan politik di Jember, setelah melakukan penjajakan ke baberapa kelompok masyarakat, kebanyakan berharap muncul pemimpin dari kalangan pemuda yang menjadi Bupati atau Wakil Bupati Jember," tukas Baihaki Siraj, Direktur ASTI Jatim saat dikonfirmasi.

Baca Juga.
"Posesif" Menelaah Fenomena Gerakan Penolakan Kota Cenema Mall di Kabupaten Pamekasan

350 Titik Galian C Ilegal di Kabupaten Pamekasan rupanya mulai menjadi perhatian semua Pihak, seiring dengan munculnya gejolak KCM yang ditolak oleh sejumlah ormas.

Hal tersebut, lanjut kader muda NU Jatim ini sangat beralasan, karena saat ini beberapa daerah di Jatim yang sudah dipimpin oleh pemimpin muda banyak mengalami kemajuan yang sangat pesat. " Bupati muda di Jatim terbukti banyak menorehkan prestasi, kita bisa lihat bagaimana kemajuan Banyuwangi di tangan Bupati Azwar Anas yang masih muda," tandas Baihaki.

Tak hanya Banyuwangi, lanjut Baihaki, ada beberapa daerah di Jatim Kepala daerah muda yang mampu melakukan geprakan dalam pembangunan. Seperti yang dilakukan oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Bupati Lumajang Toriqul Haq. " Bahkan Wakil Gubernur Jatim, Mas Emil juga masih sangat muda, jadi sekarang sudah eranya Pemudalah," tandasnya.

Untuk itu lanjut Baihaki, dirinya sangat berharap Partai Politik yang ada di Kabupaten Jember berani mencalonkan kader-kader mudanya sebagai Calon Bupati atau Calon Wakil Bupati. " Partai harus beranilah mencalonkan kader mudanya, saya liat banyak kok kader-kader muda Partai yang potensial di Jember, dan mereka-mereka itu sangat layak berkontribusi membangun Jember lewat kursi Bupati atau Wakil Bupati," tukasnya.

Sekedar diketahui beberapa waktu lalu juga ramai di beberapa media Kaukus Pemuda Jember (KPJ) menyodorkan tujuh figur Milenial yang potensi dan layak maju sebagai Calon Bupati atau Calon Wakil Bupati Jember.  Dari tujuh nama tersebut, pertama Deni Prasetya, aktifis Ansor dan Anggota DPRD Jatim dari Nasdem. Kedua ada Ahmad Fawaid, politisi Garindra ini saat ini menjadi anggota DPRD Jatim. Kemudian ketiga ada Ahmad Hadinuddin, ia merupakan politisi Garindra, saat ini menjabat anggota DPRD Jatim.

Berikutnya keempat, ada juga nama Ayub Junaidi, ia saat ini  merupakan Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jember.  Kelima ada Ivan Ariadna Wijaya, pemuda ini saat ini menggeluti dunia bisnis.  Keenam ada mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jember yaitu, tokoh muda Muhammadiyah Jember, Achmad Anis.

Dan Terakhir ada tokoh muda yaitu Abdussalam. Ia dikenal sebagai pengusaha properti Kabupaten Jember.

" Intinya sudah saatnya pemuda diberi kesempatan memimpin Jember, dan bila itu terjadi saya yakin Jember akan semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat," pungkas Baihaki.