Tokoh Perempuan Dwi Astutik Dinilai Lebih baik Gantikan Risma -->
Cari Berita

Tokoh Perempuan Dwi Astutik Dinilai Lebih baik Gantikan Risma

Tuesday, January 28, 2020

Jatimaktual.com, Surabaya- Sejumlah nama kontestan bakal calon Walikota Surabaya masih banyak yang bermunculan. Sosok yang melanjutkan perjalanan Bu Risma (panggilan akrab Tri Rismaharini) tidak hanya dari kalangan partai. Bakal calon wakil walikota Surabaya dari non partai pun dianggap berpotensial. Seperti halnya Dwi Astutik orang dekat Khofifah Indar Parawansa gubernur Jawa Timur sekarang.

Nama lain yang menjadi pertimbangan partai yang belum menentukan sikap seperti PDI-P, Nasdem, dan PSI adalah Wishnu Sakti Buana (Wakil Walikota Surabaya), Eri Cahyadi (Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota) serta Dwi Astutik (tokoh Muslimat dan tokoh pendidikan Jawa Timur). Nama dua sebelumnya merupakan kader partai PDI-P.

Kredit khusus untuk Dwi Astutik sebagai non kader partai berpeluang besar dilirik partai. Tokoh Muslimat sayap ormas keagamaan Nahdlatul Ulama dinilai mempunyai basis massa yang kuat. Karena dinilai mewakili tokoh ormas besar Nahdlatul Ulama, Dwi Astutik sangat pas bila dipadukan kaum nasionalis.

Selain itu Dwi Astutik juga dianggap dekat dengan tokoh kiyai pesantren besar di Surabaya dan Jawa Timur. Kedekatan ini menjadi bagian pengaruh partai untuk merekomendasikan Dwi Astutik.

Bachtiar Lutfianto pengamat politik Dwi Astutik dinilai mewakili kaum nasionalis dan religius. Dwi Astutik juga bisa mengimbangi kebutuhan rakyat Surabaya. Sosok Tri Rismaharini sebagai sosok ibu yang mengayomi warga Surabaya dinilai pas sebagai representasi dari Tri Rismaharini.

"Warg Surabaya sekarang lebig cerdas dan pintar. Dwi Astutik sudah banyak dikenal sebagai tokoh ibu dan banyak berkiprah di Surabaya." Ungkapnya

Disisi lain kemungkinan PDI-P akan merekomendasikan kader sendiri. Kursi PDI-P di  legislatif DPRD Surabaya sudah memenuhi persyaratan yakni 15 kursi dari 10 kursi yang disyaratkan.